Minggu, 05/04/2020 01:10 WIB

Cegah Neuropati dengan Senam Neuromove

Senam Neuromove merupakan latihan fisik yang didesain khusus untuk mencegah gejala neuropati. 

Senam neuromove untuk mencegah gejala neuropati (Foto: Doc. pribadi)

Jakarta, Jurnas.com - Dalam rangka menyambut Hari Olahraga Nasional yang jatuh pada 9 September, P&G Health melalui brand Neurobion melatih senam Neuromove melalui program training of trainers (TOT) kepada lima puluh instruktur senam berpengalaman dari Jabodetabek, bekerja sama dengan Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (PDSKO).

Kedepannya, para instruktur senam akan mengajarkan senam Neuromove ini ke masyarakat luas dengan target lebih dari 5.000 orang. Training of trainers (TOT) ini juga merupakan bagian dari dukungan terhadap Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang digalakkan oleh pemerintah.

Senam Neuromove merupakan latihan fisik yang didesain secara khusus untuk mengaktifkan sel-sel saraf, seperti gerakan menyilang batang tubuh, koordinasi bola mata, tangan, kaki, keseimbangan, dan fokus pada gerakan stretching yang dapat menghindari cedera dan mencegah gejala neuropati.

Spesialis Kedokteran Olahraga dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (PDSKO) dr. Ade Tobing, SpKO mengatakan peran para instruktur senam ini sangat penting untuk memperluas edukasi masyarakat secara langsung, mengenai neuropati dan senam Neuromove.

"Gerakan senam Neuromove yang berdurasi 30 menit ini terdiri dari Latihan Pemanasan (aerobik dan peregangan), Gerakan Inti, Latihan Keseimbangan, dan Latihan Pendinginan," ujar dr Ade.

Peserta TOT terdiri dari lima puluh instruktur senam se-Jabodetabek berpengalaman yang akan dibekali dengan informasi seputar neuropati dan pencegahannya melalui teori dan gerakan senam Neuromove yang divalidasi oleh PDSKO.

Setelah program pelatihan, para instruktur tersebut akan menjalani tahap kompetisi dengan mengajarkan pengetahuan tentang neuropati dan gerakan senam Neuromove kepada masyarakat sekitar. 

TAGS : Senam Neuromove Gejala Neuropati




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :