Senin, 19/04/2021 22:00 WIB

Tembok Perbatasan AS Bahayakan Proyek Militer

Lebih dari 120 proyek konstruksi militer AS akan terdampak buruk, sebab Pentagon akan menggunakan anggaran sebesar US$3,6 miliar

Gedung Kementerian Pertahanan AS, Pentagon

Washington, Jurnas.com - Lebih dari 120 proyek konstruksi militer AS akan terdampak buruk, sebab Pentagon akan menggunakan anggaran sebesar US$3,6 miliar untuk pembangunan tembok perbatasan dengan Meksiko.

Awal tahun ini, Presiden Donald Trump mengumumkan keadaan darurat nasional, dalam upaya untuk mendanai tembok janjinya di perbatasan AS-Meksiko.

Deklarasi darurat memungkinkan administrasi Trump untuk menggunakan uang dari anggaran konstruksi militer, dan Pentagon mengatakan dapat menggunakan US$3,6 miliar dari anggaran.

Pada Maret lalu, Pentagon memberi Kongres daftar proyek yang dapat terpengaruh, tetapi tidak memberikan rincian.

Sementara pada Selasa kemarin, para pejabat Pentagon mengatakan 127 akan terkena dampak, dan US$ 1,8 miliar pertama berasal dari proyek konstruksi militer yang ditangguhkan di luar Amerika Serikat.

Tahap kedua akan datang dari proyek militer yang ditangguhkan di Amerika Serikat, menurut juru bicara Pentagon, Jonathan Hoffman.

"Komponen-komponen Departemen Pertahanan dan departemen-departemen militer memberikan masukan dan memprioritaskan proyek-proyek, berdasarkan pada dampak pada kesiapan dan konsistensi dengan strategi pertahanan nasional," kata Hoffman kepada wartawan.

Dikutip dari CNA pada Rabu (4/9), Hoffman mengatakan anggota parlemen sudah diberitahu tentang keputusan itu, setelah itu proyek spesifik yang terkena dampak akan dirilis.

"Keputusan ini akan membahayakan proyek yang sudah direncanakan, proyek-proyek penting yang dimaksudkan untuk mendukung anggota layanan kami di instalasi militer di New York, di seluruh Amerika Serikat, dan di seluruh dunia," kata pemimpin Senat Demokrat Chuck Schumer dalam sebuah pernyataan.

TAGS : Tembok Perbatasan Amerika Serikat Pentagon




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :