Jum'at, 06/12/2019 22:53 WIB

Kapan Waktu yang Tepat untuk Minum Susu?

Kebiasaan masyarakat Indonesia konsumsi susu sangat beragam, kembali lagi ke selera dan waktu yang sesuai.

Susu segar

Jakarta, Jurnas.com - Tahukah Anda jika susu memiliki kandungan gizi alami berlimpah yang menyimpan banyak manfaat buat tubuh. Termasuk berfungsi sebagai antioksidan untuk menjaga mekanisme pertahanan tubuh kamu terhadap penyakit.

Lalu, kapan waktu terbaik minum susu? Ketua Umum PERGIZIPangan Indonesia, sekaligus Ketua Umum Persatuan Ahli Gizi Asia (Federation of Asian Nutrition Societies-FANS) Prof. Dr Hardinsyah mengatakan sangat tergantung kepada kebiasaan seseorang.

"Ada yang orang biasa ketika perut lapar minum susu lebih cocok, ada orang yg perlu masuk dulu suatu makanan padat baru minum susu," ucapnya.

Bahwa minum susu sebelum tidur dalam arti pasti setelahnya sikat gigi, di sore atau malam hari, memang ada manfaatnya. Karena ada asam amino triptofan yang membantu membentuk seratonin, sehingga menimbulkan rasa nyaman untuk tidur.

"Tapi lagi-lagi sangat ditentukan lebih banyak oleh kebiasaan seseorang. Begitu juga dengan jumlahnya. Ada yang biasa hanya setengah gelas, satu gelas, ada jiga yang biasa dua gelas," paparnya saat ditemui di Jakarta, Selasa (3/9).

"Ada yang punya kebiasaan minum susu sebelum makan karena kenyang duluan, jadi makan pokoknya sedikit. Itu tergantung kebiasaan, sama saja seperti minum air, ada orang yang minum air dulu baru sarapan, ada yang sarapan dulu baru minum. Jadi sesuaikan saja dengam nyamannya kita.

Bagaimana dengan susu lebih baik susu segar atau bubuk? "Balik ke kebutuhan masing-masing, lebih suka bubuk atau cair, kebutuhan konsumen kan beda-beda makanya penting baca label. Kembali ke teknologi penyimpanan juga lebih tahan lama yang sifatnya bubuk karena sudah difortifikasi.

TAGS : Minum Susu Kandungan Gizi




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :