Kamis, 28/01/2021 15:17 WIB

Kepada Eropa, Iran: Langkah Ketiga Kami Lebih Kuat

 Langkah ketiga Teheran untuk mengurangi kewajibannya di bawah kesepakatan nuklir 2015 akan lebih besar dari yang sebelumnya.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Seyyed Abbas Mousavi (Foto: Presstv)

Teheran, Jurnas.com - Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Abbas Musawi, mengatakan langkah ketiga Teheran untuk mengurangi kewajibannya di bawah kesepakatan nuklir 2015 akan lebih besar dari yang sebelumnya.

Musawi menegaskan kembali bahwa Iran akan mengambil langkah ketiga untuk mengurangi komitmennya dalam kesepakatan Rencana Aksi Bersama Komprehensif (JCPOA) pada Kamis (5/9).

"Tindakan ketiga sudah direncanakan dan siap diimplementasikan. Langkah tersebut akan lebih kuat dari langkah pertama dan kedua," ungkap Musawi.

Musawi mengatakan jika upaya diplomatik dapat mencapai hasil yang diharapkan maka pihaknya dapat mengambil langkah mundur dari kegiatan nuklir.

Kunjungan Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif hari ini ke Prancis merupakan bagian dari langkah-langkah diplomatik negara tersebut untuk melindungi perjanjian nuklir dengan negara-negara maju.

Musawi mengatakan Iran tak akan mengambil langkah ketiga jika negara-negara Uni Eropa memenuhi komitmen mereka dalam perjanjian nuklir.

Menlu Zarif kemarin mengumumkan negaranya pada Kamis besok akan mengambil tindakan tahap ketiga untuk mengurangi kewajibannya di bawah kesepakatan nuklir 2015 jika langkah-langkah yang dijanjikan oleh pihak Eropa tidak terlaksana.

Iran tak lagi mematuhi kesepakatan nuklir sebagai balasan keputusan unilateral Amerika Serikat (AS) yang menarik diri dari kesepakatan antara Teheran dan lima anggota tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) dan Jerman.

Sejak itu, AS memulai kampanye diplomatik dan ekonomi yang menekan Iran untuk memaksanya melakukan renegosiasi. (Anadolu)

TAGS : Kesepakatan Nuklir Amerika Serikat Abbas Musawi




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :