Minggu, 20/10/2019 04:25 WIB

Jangan Biarkan Konflik Berlarut dengan Pasangan, Ini Tipsnya

Konflik dalam sebuah hubungan memang tak bisa dihindari, namun bisa dihadapi, berikut tipsnya.

Ilustrasi pernikahan (Foto: Google)

Jakarta, Jurnas.com - Dalam hubungan, Anda dan pasangan Anda pasti pernah bertengkar. Konflik dalam hubungan yang sebenarnya dapat dilakukan dengan pasangan Anda.

Namun demikian, konflik tersebut harus diselesaikan dengan baik, agar tidak memberikan kerusakan permanen untuk hubungan Anda. 

Begini cara mengatasi konflik dalam hubungan Anda:

1. Tunda pembicaraan jika dialog sedang memuncak

Hindari membahas masalah dalam hubungan jika transisi Anda sedang memuncak. Terkadang merenung dan membuat frustrasi Anda tidak dapat memutuskan untuk mengambil keputusan Anda.

Salah-salah Anda bisa menyesali ucapan yang melakukan yang Anda lakukan saat sedang logat. Jika Anda sudah dapat mengubah dialog, barulah bicarakan masalah tersebut dengan pasangan Anda.

2. Komunikasikan masalah dengan efektif

Cobalah mengomunikasikan masalah dengan meminta pendapat pasangan Anda, jangan sekali-sekali memaksakan kehendak pribadi Anda menuntut. Dengan berbagi pendapat, saling terbuka dan saling jujur pasti Anda dan pasangan Anda dapat menemukan jalan keluar dalam perdebatan tersebut.

3. Jangan memendam, pertimbangkan dan mengungkit masalah

Selesaikan masalah dengan pasangan Anda saat masalah tersebut muncul. Jangan memendam masalah dan menumpuknya menjadi satu, karena Anda tidak dapat menemukan solusi yang tepat untuk masalah yang menumpuk.

Jangan lagi mengungkit masalah yang sudah lama terjadi. Masalah yang sudah pernah Anda selesaikan, jangan lagi dibawa-bawa ke masalah selanjutnya.

4. Belajarlah untuk saling memaafkan

Belajar untuk saling memaafkan. Jadikanlah konflik yang terjadi sebagai pembelajaran agar tidak terulang lagi untuk kedepannya. Belajarlah untuk saling intropeksi, memperbaiki diri dan tidak menyimpan perasaan kecewa terlalu lama.

TAGS : Konflik Pasangan Tips Hubungan




TERPOPULER :