Rabu, 12/08/2020 21:36 WIB

Jika Anda Kurang minum Air Putih, Begini Dampaknya

Orang dewasa yang direkomendasikan mengonsumsi air putih minimal delapan gelas per hari, sudah Anda melakukannya?

Ilustrasi air putih (Foto: Shutterstock)

Jurnas.com - Air merupakan komponen terbesar yang dibutuhkan dalam tubuh manusia, namun banyak yang dikeluarkan dengan alasan malas air putih.

Orang dewasa yang direkomendasikan mengonsumsi air putih minimal delapan gelas per hari. Sayangnya, masih banyak masyarakat yang enggan menerapkannya.

Ketua Kelompok Kerja Hidrasi Indonesia (IHWG) Diana Sunardi M.Gizi, menjelaskan jumlah udara yang sangat besar di dalam tubuh. Prosentase air mencapai 60 hingga 70 persen di tubuh. Jika manusia mengurangi air di tubuh maka akan muncul dampak negatif untuk kesehatan.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut efek negatif untuk kesehatan akibat kurang minum:

1. Gangguan berfikir

Saat seseorang kekurangan pasokan udara, maka dia akan membutuhkan dehidrasi. Dehidrasi ini dapat menyebabkan cairan otak menurun dan asupan oksigen semakin berkurang. Hal ini berlanjut sel-sel otak menjadi tidak aktif dan tidak berkembang, bahkan dapat menyusut.

2. Bau mulut

Ketika kurang minum udara, bau nafas seseorang menjadi kurang sedap dan lebih bau persetujuan kompilasi orang ini minum banyak udara. Lebih banyak bakteri yang berlebihan ini bisa menyebabkan bau mulut. Air membantu tubuh memproduksi air liur dalam jumlah cukup.

3. Menurunkan konsentrasi

Otak memiliki komposisi yang terdiri dari cairan, dan disetujui otak tidak mendapatkan asupan udara yang cukup, maka akan memungkinkan fungsi kognitif (kepandaian). Otak yang tidak dapat mengaktifkan fungsi kognitif akan membuat seseorang menjadi mudah lupa, tidak bisa memfasilitasi, hingga semakin berpikir.

4. Menyebabkan infeksi kandung kemih

Rentan terhadap infeksi kandung kemih, karena bakteri tidak dapat keluar karena kurang minum air putih. Bagi perempuan menyetujui lebih banyak minum air putih, karena panjangnya saluran kemih perempuan lebih pendek dari pada perempuan. Banyak mengonsumsi air putih yang dapat membantu bakteri keluar dari saluran kemih dan mengurangi risiko infeksi kandung kemih.

5. Gangguan pada ginjal

Kurang minum air putih dapat menggangu fungsi ginjal. Oleh karena itu, minumlah air putih yang cukup setiap pertemuan, karena udara dapat membantu proses peluruhan komponen pembentuk batu ginjal, yang pada akhirnya keluar bersama urin saat buang air kecil.

Gangguan ginjal adalah dampak jangka panjang dari kecukupan udara setiap hari. Gangguan ini dapat muncul di awal usia 40 tahun bila diperlukan air yang tidak terpenuhi terjadi sejak usia muda.

5. Cepat marah

Dikutip dari Huffington Post , kekurangan cairan umumnya kehilangan kemampuan berpikir jernih dan mengendalikan suasana hati. Laboratorium Riset Kinerja Manusia yang dilakukan University of Connecticut menyatakan, dehidrasi ringan menyebabkan orang mudah marah, mempengaruhi fungsi mental, dan tingkat energi.

7. Kulit kering

Kulit yang kering adalah efek yang bisa langsung dirasakan saat tubuh kekurangan udara. Selain tidak nyaman, kulit yang kering bersisik menandakan kondisi yang tidak sehat. Kondisi ini pasti bisa dicegah dengan minum air putih setiap hari.

8. Menyebabkan halusinasi bahkan kematian

Dehidrasi dapat menyebabkan efek ringan seperti sakit kepala, kepala kering, badan kering, badan panas, lelah, denyut nadi cepat, atau efek berat seperti halusinasi bahkan kematian.

TAGS : Air Putih Manfaat Kesehatan Dampak Negatif




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :