Selasa, 15/10/2019 17:55 WIB

Suami Sejati, Laki-laki yang Bisa Masak?

Mempersiapkan remaja menjadi pasangan dan suami yang setara di masa depan dengan belajar memasak.

Pekerjaan memasak bukan melulu pekerjaan perempuan, laki-laki juga bisa berpartisipasi (Foto: Ecka Pramita)

UJakarta, Jurnas.com - Kesetaraan gender merupakan isu penting yang perlu disampaikan. Berdasarkan riset dari HILL ASEAN STUDIES 2018, 60 persen istri bekerja di Indonesia namun kurang dari 3 diantara 10 suami yang hanya bersedia memasak.

Bagaimana Kesetaraan Gender di Indonesia? Dari data BPS terkait Indeks Kesenjangan Gender (IKG) periode 2015-2017 diketahui terdapat kesenjangan peran gender yang signifikan dengan angka yang bervariasi di tiap wilayah provinsi.

Saat terlibat dalam tugas rumah tangga terlepas dari peran gender, anak kelak mampu egaliter dalam pernikahan .

Sebuah survey nasional di U.S. oleh Olson & Olson persepsi atas kesetaraan gender dalam relasi pernikahan berhubungan dengankepuasan pernikahan.

Pentingnya Kesetaraan Gender: laki-laki & perempuan miliki kesempatan yang sama untuk berkontribusi dalam berbagai aspek kehidupan

Ketika para istri ikut bertanggung jawab finansial keluarga, suami tidak ikut berbagi pekerjaan rumah tangga, yang bisa dimulai dari memasak.

Marketing & R&D Director, Kraft Heinz Indonesia dan Papua Nugini Shiren Amin mengatakan isu kesetaraan, terutama di dalam pembagian tugas memasak merupakan isu yang paling melekat.

"Kami sebagai brand percaya untuk terus mendukung isu dengan membawa perubahan yang berkelanjutan," ucapnya.

Pihaknya memiliki tanggung jawab untuk memperbaiki kondisi dimana kesetaraan dalam memasak belum terjadi.

Koki Muda Sejati, merupakan inisiatif terbaru dengan menjangkau para remaja. Program ini akan mengajak remaja laki-laki untuk belajar memasak dan pentingnya kesetaraan gender, agar kelak mereka dapat menjadi pasangan yang setara. "Karena kami percaya para suami sejati masak. Hari ini dan di masa depan," ucapnya optimis.

Bertepatan dengan Hari Kesetaraan Perempuan pada hari ini, Kecap ABC meluncurkan Koki Muda Sejati sebagai langkah dalam mendukung kesetaraan gender, terutama di dapur.

Koki Muda Sejati merupakan program yang melibatkan anak remaja laki-laki di lebih dari 50 sekolah menengah untuk belajar memasak sehingga memiliki bekal dan pemikiran untuk menjadi pasangan yang setara di dapur.

Program ini merupakan kelanjutan dari upaya Kecap ABC yang telah berlangsung sejak tahun 2018 dalam mendukung kesetaraan gender, terutama di dapur.

Akademi Suami Sejati mendukung para suami agar dapat menjadi pasangan yang setara di dapur. Kegiatan ini semakin dipopulerkan pada hari-hari penting seperti Hari Ibu dan bulan Ramadan untuk semakin mendukung para suami membantu istrinya memasak.

 

TAGS : Kesetaraan Gender Suami Sejati Pekerjaan Memasak




TERPOPULER :