Kamis, 19/09/2019 00:39 WIB

Jumlah Peserta Ritech Expo 2019 Alami Peningkatan

Ritech Expo menyajikan berbagai produk inovasi unggulan dari perguruan tinggi, lembaga riset, industri, hingga inovator dalam negeri

Para pengunjung Ritech Expo mengunjungi stan-stan yang menampilkan produk inovasi, Minggu (25/08), Denpasar, Bali

Denpasar, Jurnas.com - Pameran riset, inovasi, dan teknologi Ritech Expo 2019 yang diselenggarakan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) mengalami peningkatan jumlah peserta dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Hal itu disampaikan Direktur Sistem Inovasi di bawah Direktorat Jenderal Penguatan Inovasi Kemenristekdikti, Ophirtus Sumule saat ditemui di sela-sela acara yang merupakan rangkaian dari peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ke-24 di Lapangan Puputan Renon, Denpasar, Provinsi Bali.

Menurut Ophirtus, jumlah peserta Ritech Expo 2019 mencapai 300 both yang menampilkan banyak produk-produk inovasi dari berbagai lembaga penelitian, perguruan tinggi, hingga daerah-daerah.

"Jumlah tiga ratus booth dan hampir semua sektor ada, mulai dari transportasi, pangan, obat-obatan kemudian ICT dan lain-lain sebagainya semua ada. Sekitar tiga ratus both, satu buth itu bisa satu sampai enam produk," katanya.

Peningkatan tersebut menurut Ophirtus, disebabkan karena lokasi penempatan pameran yang lebih mudah diakses. Selain itu, juga acara tersebut lebih fokus dan produk-produk inovasi yang ditampilkan merupakan produk terbaru.

"Pesertanya lebih bagus, dan lebih fokus karena tempatnya memungkinkan, lebih banyak pengunjung yang datang, pesertanya juga jauh lebih banyak, designnya juga jauh lebih bagus. Kita juga menyampaikan bahwa yang sudah dipamerkan di tahun-tahun sebelumnya jangan lagi dipamerkan karena teknologi itu berkembang. Jadi hampir 80 persen teknologi ini adalah hasil teknologi baru," ujarnya.

Selain itu, lanjut Ophirtus, pihak penyelenggara menargetkan jumlah pengunjung juga mengalami peningkatan sehingga masyarakat lebih banyak mengenal produk-produk inovasi tanah air.

"Target pengunjung ini khusus untuk hari puncak kita targetkan dua ribu empat ratus, sekarang yang daftar sudah 2500. Tahun lalu hanya seribu lebih, memang tahun lalu kesulitan karena ditransportasi," tuturnya.

Ritech Expo yang merupakan pameran tahunan diselenggarakan oleh Kemenristekdikti dibuka langsung oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir yang sebelumnya melepas peserta gerak jalan sehat di Lapangan Puputan Renon, Denpasar, Provinsi Bali.

Ritech Expo menyajikan berbagai produk inovasi unggulan dari perguruan tinggi, lembaga riset, industri, hingga inovator dalam negeri yang berlangsung dari Tanggal 25-28 Agustus 2019.

Pameran tersebut diikuti lembaga-lembaga seperti Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Badan Tenaga Nuklir Nasional, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, Badan Pengawas Tenaga Nuklir, Badan Standardisasi Nasional, Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, serta badan usaha milik negara seperti PT Dahana dan PT Industri Kereta Api (Inka).

Sementara Perguruan tinggi yang berpartisipasi dalam pameran itu, di antaranya Universitas Airlangga, Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi Sepuluh November, Institut Seni Indonesia Denpasar, dan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya.

TAGS : Ritech Expo Pameran Inovasi Ophirtus Sumule




TERPOPULER :