Kamis, 19/09/2019 00:38 WIB

SPEKIX 2019 Ajak Masyarakat Berbagi Informasi Soal Autisme

Kunci utama dari suksesnya penanganan generasi muda dengan kebutuhan khusus terletak pada informasi yang akurat.

Kunci utama dari suksesnya penanganan generasi muda dengan kebutuhan khusus terletak pada informasi yang akurat (Foto: Ecka Pramita)

Jakarta, Jurnas.com - Berdasarkan paparan yang disampaikan oleh Asisten Deputi Anak Berkebutuhan Khusus Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kementerian PPPA) dalam rangka Hari Peduli Autisme di bulan April 2018 lalu disampaikan bahwa penyintas Autisme Indonesia diprediksi 2,4 juta orang dengan pertambahan 500 orang per tahun.

Angka ini adalah angka yang cukup besar apalagi masih banyak masyarakat Indonesia yang belum mengenali dan memahami cara penanganan anak yang merupakan penyintas Autisme.

Menanggapi fakta di atas, Ketua Masyarakat Peduli Autis Indonesia (MPATI), Gayatri Pamoedji mengatakan kunci utama dari suksesnya penanganan generasi muda dengan kebutuhan khusus (anak-anak dan dewasa muda dengan Autisme, ADHD, ADD dan Kesulitan Belajar) terletak pada informasi yang akurat, sarana pendidikan dan pelatihan tepat serta dukungan dari berbagai pihak, terutama kepada orang tua agar tidak putus asa.

"Dukungan dari masyarakat luas, dapat dilakukan semudah tidak menggunakan kata autis sebagai ejekan, mencari informasi lebih banyak tentang apa yang dibutuhkan generasi muda berkebutuhan khusus serta mendukung dan menghormati keunikan mereka," ujar Gayatri yang sekaligus orang tua dari pemuda dengan autisme.

Belum lagi informasi lengkap mengenai autisme belum banyak diakses oleh banyak pihak. Padahal informasi mengenai autisme yang komprehensif akan membantu orang tua, pengajar, terapis dan masyarakat umum untuk mendukung anak dengan autisme dan kebutuhan lain (ADHD/ADD dan Kesulitan Belajar) memiliki hidup lebih baik dan menjadi lebih mandiri.

Oleh karena itu, Masyarakat Peduli Autis Indonesia (MPATI) bekerja sama dengan Zally Zarras Learning Center (ZZLC) mengadakan Special Kids Expo (SPEKIX) 2019: #BeautyinAbility untuk memberikan informasi mengenai Autisme dan bagaimana penanganan generasi muda dengan kebutuhan khusus (anak-anak dan dewasa muda dengan Autisme, ADHD, ADD dan Kesulitan Belajar) secara komprehensif.

Lebih lanjut Gayatri menjelaskan, selain menyediakan wadah yang memberikan informasi yang komprehensif, SPEKIX 2019 juga bertujuan untuk mengajak semua pihak untuk memberikan dukungan kepada generasi muda dengan kebutuhan khusus yang memiliki semangat dan bakat serta mampu menghasilkan karya yang luar biasa.

"SPEKIX 2019 menampilkan hasil karya mereka, informasi terkini pendidikan dan kesehatan yang diperlukan generasi muda dengan kebutuhan khusus, juga kemungkinan lapangan kerja yang dapat dijajaki," lanjutnya.

SPEKIX 2019 dilaksanakan mulai hari ini 24-25 Agustus 2019 bertempat di Jakarta Convention Center (JCC) lower lobby dan diadakan dalam rangkaian Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus.

 

TAGS : SPEKIX 2019 Informasi Autisme




TERPOPULER :