Sabtu, 20/04/2024 21:51 WIB

Pemerintah Dorong Digitalisasi Desa di Daerah Tertinggal

Salah satu dukungan intervensi yang dilakukan adalah upaya digitalisasi desa di Kabupaten Lombok Barat.

Koordinasi dengan pemerintah daerah Kabupaten Lombok Barat sekaligus mensosialisasikan peluang dan potensi pengembangan TIK di pedesaan sebagai ujung tombak dalam pembangunan pada Rabu (21/8) lalu di Lombok Barat.

Lombok Barat, Jurnas.com - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) melalui Direktorat Jenderal Pembangunan Daerah Tertinggal (Ditjen PDT) terus memprakarsai digitalisasi desa di daerah Tertinggal, Terdepan dan Terluar (3T). Salah satu dukungan intervensi yang dilakukan adalah upaya digitalisasi desa di Kabupaten Lombok Barat.

Kasubdit Sarana dan Prasarana Informasi dan Telekomunikasi dari Direktorat Peningkatan Sarana dan Prasarana, Ditjen PDT Kemendes PDTT, Aji Komara mengatakan bahwa inisiasi digitalisasi desa melalui pengadaan BTS untuk blankspot dan akses internet perdesaan bekerjasama dengan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemen Kominfo) dan Kementerian Pariwisata untuk mendukung desa wisata.

"Langkah ini dilakukan dalam mendukung desa wisata, pengembangan sumber daya manusia dan produk unggulan di daerah 3T untuk mendorong kemajuan desa dengan mengoptimalkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk kepentingan masyarakat," kata Aji Komara saat Koordinasi dengan pemerintah daerah Kabupaten Lombok Barat sekaligus mensosialisasikan peluang dan potensi pengembangan TIK di pedesaan sebagai ujung tombak dalam pembangunan pada Rabu (21/8) lalu di Lombok Barat.

Aji Komara menegaskan bahwa perlunya blueprint pengembangan TIK dengan mengintegrasikan program-program yang tersedia sebagai acuan bersama para pihak khususnya OPD setempat agar lebih terintegrasi dengan sektor-sektor ekonomi lainnya.

"Perlu penyelesaian persoalan mendasar TIK secara menyeluruh dari hulu ke hilir dengan melibatkan para stakeholder untuk hasil yang lebih maksimal sehingga tidak hanya infrastrukturnya saja yang diselesaikan tetapi sektor-sektor lainnya juga bisa dimunculkan melalui digitalisasi desa," katanya.

Dinas Kominfo Kabupaten Lombok Barat sangat mengapresiasi langkah konkrit dari Kemendes PDTT dan segera menyiapkan segala sesuatunya serta akan melakukan koordinasi teknis untuk pemasangan BTS untuk area blankspot dan internet desa dengan OPD terkait dan pemerintah desa.

KEYWORD :

Kinerja Menteri Desa




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :