Kamis, 19/09/2019 00:53 WIB

Pengamat: Menteri Amran Berhasil Tekan Impor dan Pacu Ekspor

Tjipta menilai tidak ada masalah jika Indonesia masih melakukan impor beberapa komoditas pertanian meski sukses di bidang pertanian.

Pengamat Ketahanan Pangan,Tjipta Lesmana. (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Pengamat Ketahanan Pangan,Tjipta Lesmana, menilai Kementerian Pertanian (Kementan) di bawah komando Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman berhasil menekan impor dan menggenjot ekspor komoditas pangan.

"Indikator keberhasilan dapat kita lihat pada peningkatan ekspor komoditas pertanian menurut data BPS. Tahun 2018 ekspor komoditas pertanian melonjak tajam menjadi 42,5 juta ton," terang Tjipta di Jakarta, Jumat (23/8).

Ia menjelaskan rata-rata kenaikan ekspor pertanian per tahun sebesar 2,4 juta ton. Untuk tahun 2019 besar kemungkinan angka ekspor tersebut akan meningkat lagi, karena fokus pada ekspor komoditas pertanian yang dilakukan oleh Kementerian Pertanian (Kementan).

"Yang tidak kalah hebat, terjadinya penurunan inflasi bahan makanan yang sangat signifikan menjadi 1,26 persen pada tahun 2017 dari sebelumnya 11,71 persen pada tahun 2013," ujar Tjipta.

"Peringkat ketahanan pangan Indonesia, berdasarkan Global Food Security Index juga terus membaik ke peringkat 65 dari 113 negara," sambungnya.

Sisi lain, Tjipta menilai tidak ada masalah jika Indonesia masih melakukan impor beberapa komoditas pertanian meski sukses di bidang pertanian. Menurutnya, hal itu wajar-wajar saja karena ekspor dan impor pangan sesungguhnya hal yang biasa dan terjadi pada hampir semua negara, termasuk RRT, raksasa pertanian.

"Yang penting pemerintah kita konsisten menggenjot ekspor, disamping mengendalikan impor komoditas pertanian secara ketat. Jangan sampai Indonesia gampang menyerah pada tekanan para mafia untuk terus mengimpor komoditas pertanian strategis yang kerap terjadi di masa lalu!," tegasnya.

Disamping menguras devisa negara, kata Tjipta, praktek semacam sangat melemahkan ketahanan bangsa.

TAGS : Kinerja Menteri Pertanian Tjipta Lesmana Andi Amran Sulaiman




TERPOPULER :