Rabu, 18/09/2019 07:47 WIB

Ladies, Cek Kesehatan Rahim Anda dengan Lima Cara Ini

Selain melakukan pemeriksaan secara berkala, beberapa cara juga akan membantu menjaga kesehatan rahim Anda, simak yuk.

Ilustrasi organ intim wanita

Jurnas.com - Bagi perempuan kesehatan rahim menjadi aset yang berharga, itulah sebabnya awarness kesadaran juga semakin meningkat untuk lebih menjaga.

Selain melakukan pemeriksaan secara berkala, beberapa cara juga akan membantu menjaga kesehatan rahim Anda. 

1. Kebiasaan Menahan Buang Air Kecil

Kebiasaan buruk yang satu ini wajib dihindari karena mengandung banyak bakteri dan menjadi penyakit pada saluran kemih. Jika terjadi infeksi, hal ini kemudian dapat menjalar ke vagina hingga rahim. Tidak hanya itu, saluran kandung kemih yang sering dikunjungi urin dapat menyebabkan adanya tekanan pada rahim.

2. Berat Badan

Berat badan juga menjadi salah satu foktor yang penting karena berat badan yang ideal akan berdampak baik pada kesehatan rahim.Hal itu karena, berat badan turut mempengaruhi pada kadar hormon esterogen yang berdampak pada kesuburan kewanitaan.

3. Mengatur Pola Makan

Asam fosfat dan beta karoten menjadi salah satu nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan rahim. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Anda dapat meminta dari sumber biji-bijian dan sayuran seperti brokoli dan wortel.

4. Olahraga Secara Rutin

Yoga dan renang menjadi salah satu pilihan olahraga yang bermanfaat agar rahim tetap sehat. Selain itu, yoga juga menjadi olahraga yang efektif untuk melatih tubuh, membuat hal ini pun dapat membantu memperlancar persalinan.

5. Atur Pola Tidur

Menjaga agar pola tidur tetap tidak hanya baik bagi tubuh dan otak, tetapi juga baik untuk rahim. Pola tidur yang baik mampu membuat hormon reproduksi dalam vagina atau rahim dalam tubuh akan menjadi lebih stabil, sehingga fungsi rahim pun akan menjadi lebih optimal.

TAGS : Kesehatan Rahim Cek Kesehatan




TERPOPULER :