Selasa, 24/09/2019 00:59 WIB

Pimpinan DPR Apresiasi Pameran Museum DPR RI

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon mengapresiasi penyelenggaraan Pameran Museum DPR RI yang untuk pertama kalinya diadakan bersama dengan perwakilan 20 Museum lainnya yang ada di Indonesia.

Wakil Ketua DPR, Fadli Zon

Jakarta, Jurnas.com - Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon mengapresiasi penyelenggaraan Pameran Museum DPR RI yang untuk pertama kalinya diadakan bersama dengan perwakilan 20 Museum lainnya yang ada di Indonesia. Menurut Fadli, hal tersebut adalah satu hal yang sangat baik terutama bagi Museum DPR RI untuk dapat saling menjalin komunikasi dengan berbagai museum.

Hal itu diungkapkan Fadli saat membuka acara Seminar dan Pameran Museum DPR RI yang bertema ‘Museum Untuk Kemajuan Informasi dan Peradaban Bangsa’ sekaligus dalam rangkaian acara memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ke-74, HUT DPR RI ke-74 dan HUT Museum DPR RI ke-28, di Lobby Gedung Nusantara DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (19/8).

“Kita mengadakan sebuah perhelatan yang saya kira untuk pertama kalinya kita adakan di DPR ini, yaitu Pameran Museum DPR RI dengan perwakilan 20 museum yang ada. Tahun lalu, kita menyelenggarakan dalam rangka HUT DPR RI dan juga HUT Proklamasi Kemerdekaan biasanya hanya ada Museum DPR RI tapi kali ini kita menyelenggarakan bersama dengan 20 museum lain,” ujar Fadli.

Wakil Ketua DPR RI Bidang Koordinator Bidang Politik dan Keamanan (Korpolkam) ini juga menegaskan akan terus berjuang untuk mengembangkan Museum DPR RI. Sebab, sambung Fadli, Museum DPR RI merupakan objek vital yang merekam perjalanan Parlemen Indonesia.

“Ini adalah satu hal yang penting terlebih mengingat Museum DPR RI telah memasuki usia ke-28 tahun pada 16 Agustus 2019,” tutur Fadli.

Fadli mengungkapkan, ke depan ia turut mendukung kemajuan permuseuman Indonesia. Fadli menjelaskan, dukungan itu akan diwujudkan dengan menciptakan sebuah payung hukum yaitu Undang-Undang (UU) tentang museum.

“Bisa dengan UU tersendiri atau digabung dengan UU Cagar Budaya sebagai bagian upaya kita didalam memajukan kebudayaan kita yang sejalan dengan UU Pemajuan Kebudayaan,” jelas Fadli.

Politisi Partai Gerindra ini berharap dengan adanya berbagai pameran museum yang diselenggarakan di berbagai tempat, khususnya yang diselenggarakan di DPR RI ini mampu menumbuhkan kesadaran baru bagi masyarakat luas bahwa museum bukanlah sebuah akhir dari perkoleksian, namun justru sebagai artefak hidup yang menjadi bagian dari perjalanan peradaban kedepan untuk membangun jatidiri bangsa.

“Mudah-mudahan, dengan adanya berbagai pameran museum yang diselenggarakan di berbagai tempat termasuk di DPR RI ini kita bisa membuat kesadaran baru bagi masyarakat. Kesadaran bahwa museum bukanlah sebuah akhir dari perkoleksian namun justru artefak yang hidup sebagai bagian dari perjalanan peradaban kedepan untuk membangun identitas dan jati diri bangsa,” pungkas Fadli.

TAGS : Warta DPR Pimpinan DPR Fadli Zon




TERPOPULER :