Kamis, 19/09/2019 00:53 WIB

Memilih Tabir Surya yang Aman untuk Ibu Hamil

Bagi ibu hamil memilih tabir surya yang aman sangat penting untuk kesehatan kehamilan dan janin yang dikandung.
 

ilustrasi kehamilan

Jurnas.com - Tahukah Anda mengapa matahari menjadi penyebab utama proses penuaan kulit berlebihan alkohol, rokok, dan pola makan yang buruk? 

Sinar UV atau radiasi sinar matahari memecah kolagen yang ada di tubuh dan merusak proses pembentukan kolagen baru. Efek khusus dari sinar matahari yang paling banyak dikunjungi para wanita adalah flek hitam, kulit kering kemerahan, kulit kendor, hingga keriput. 

Maka dari itu penting sekali ganti kita beraktivitas di luar ruangan untuk memakai SPF ( Faktor Pelindung Matahari ) atau yang lebih dikenal dengan nama tabir surya atau sunblock .

Pemakaian produk perlindungan kulit, seperti tabir surya perlu memperhatikan sejumlah hal, salah satunya kandungan SPF yang dianjurkan selalu di atas 30 untuk proteksi yang maksimal.

Terutama pada ibu hamil ada pertimbangan penting lainnya, yaitu kesehatan  janin di dalam kandungan.

Mengutip dari laman Women`s Health, di pasaran ada dua jenis tabir surya, yaitu kimia dan mineral. Tabir surya kimia mengandung senyawa berbasis karbon, seperti oksibenzon, octinoxate, octisalate, dan avobenzone.

"Senyawa ini menciptakan reaksi kimia dan mengubah sinar UV menjadi panas. Kemudian melepaskan panas itu dari kulit," kata Rhonda Klein, MD, dan mitra di klinik Modern Dermatology, Westport, Connecticut, Amerika Serikat.

Tipe kedua adalah tabir surya yang mengandung bahan mineral aktif seperti titanium dioksida atau seng oksida. Perlindungannya hanya sebatas permukaan kulit dan menangkis datangnya paparan matahari serta sinar UVA yang bersifat merusak. Jika Anda hamil, pilihan teraman adalah tabir surya berbahan mineral ini.

"Hanya filter anorganik (mineral) dari seng oksida dan titanium dioksida yang memenuhi kriteria FDA sebagai produk tabir surya yang aman dan efektif bagi ibu hamil," tutur Dr. Dudley.

Jika ibu hamil menggunakan tabir surya kimia yang mengandung oksibenzon, berisiko terserap ke dalam aliran darah dan bisa berdampak pada janin.

"Bahan-bahan tersebut dapat secara langsung mempengaruhi kesehatan janin, masalah perkembangan janin, cacat lahir dan berat badan lahir rendah, penyakit jantung koroner, hipertensi, diabetes tipe 2 serta lainnya," jelas Dendy Engelman, MD.

TAGS : Ibu Hamil Tabir Surya Kandungan Aman




TERPOPULER :