Senin, 23/09/2019 20:06 WIB

Lima Penyakit Ini Bisa Terhindar dengan Cuci Tangan

Apabila Anda sering melewatkan mencuci tangan karena Anda menganggapnya tidak penting, Anda salah besar.

Jangan lupa cuci tangan sebelum makan agar terhindar dari penyakit (Foto: Huffington Post)

Jurnas.com - Mencuci tangan merupakan salah satu kegiatan yang wajib dilakukan setelah ataupun sebelum melakukan aktivitas. Apabila Anda sering melewatkan mencuci tangan karena Anda menganggapnya tidak penting, Anda salah besar.

Bakteri, virus, jamur bahkan parasit bisa muncul di kulit, darah dan cairan lainnya. Bahkan beberapa di antaranya dapat bertransmisi melalui sentuhan.

Maka dari itu, mencuci tangan sangat penting untuk dilakukan, agar terhindar dari penyebaran penyakit melalui sentuhan.

Berikut lima penyakit yang bisa dihindari lewat mencuci tangan.

1.  Penyakit pada tangan, kaki dan mulut.

Biasanya penyakit yang menyerang tangan, kaki dan mulut menyebar langsung lewat kontak seperti kotoran yang berdampak pada kulit di tangan, kaki dan mulut. Gejala awalnya umumnya seperti kulit yang melepuh dan adanya benjolan pada atau sekitaran area mulut, telapak tangan dan bawah kaki.

2. Giardiasis

Penyakit ini dengan mudah dapat menyebar melalui meminum air yang terinfeksi dari sumber yang belum tidak jelas atau dengan kontak langsung melalui tangan atau kotoran. Orang yang menderita penyakit ini nantinya akan memiliki gejala seperti sering buang gas, kram pada perut dan diare.

3. Infeksi kulit

Penyakit-penyakit seperti bakteri pada konjungtivitis, cacar air, campak, ruam dan eksim merupakan penyakit-penyakit yang bertransmisi melalui kontak tangan.

Meskipun sudah melakukan vaksin namun masih menderita penyakit ini juga, maka dapat dipastikan bahwa salah satu penyebabnya adalah lupa mencuci tangan.

4. Keracunan makanan

Banyak orang berpendapat dan cemas, jika mereka dapat terkena penyakit ataupun mengalami keracunan makanan apabila memakan makanan dari luar rumah. Padahal, hal itu dapat juga terjadi di dalam rumah kalau sering melewatkan kegiatan mencuci tangan.

5. Cacingan

Cacingan adalah penyakit yang umumnya dialami setiap orang jika tidak mencuci tangan secara rutin. Kotoran manusia dan hewan umumnya dihuni oleh cacing dari berbagai jenis dan tentunya, dapat menginfeksi manusia jika masuk ke dalam tubuh.

Untuk itu, mulailah mencuci tangan secara rutin setiap kali usai melakukan suatu kegiatan. Bersihkan tangan dengan teliti paling tidak selama 30 detik agar terbebas dari bakteri, virus, kuman dan parasit lainnya yang dapat mengancam kesehatan.

TAGS : Cuci Tangan Penyebaran Penyakit




TERPOPULER :