Selasa, 17/09/2019 03:29 WIB

Jokowi Minta Lembaga Pemerintahan Belanjakan Anggaran Secara Efisien

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) meminta semua lembaga negara membelanjakan anggaran secara efisien dan tepat guna dalam pembangunan bangsa.
 

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo saat memberikan sambutan dalam sidang bersama DPR dan DPD yang diselenggarakan di gedung Nusantara, Jakarta, Jumat (16/08).

Jakarta, Jurnas.com - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) meminta semua lembaga negara membelanjakan anggaran secara efisien dan tepat guna dalam pembangunan bangsa.

Hal itu disampaikan Jokowi saat memberikan sambutan dalam sidang bersama DPR dan DPD yang diselenggarakan di gedung Nusantara, Jakarta, Jumat (16/08).

Mantan Walikota Solo itu berharap realisasi anggaran dapat diaplikasikan secara optimal demi kepentingan rakyat, serta peningkatan pelayanan kebutuhan masyarakat.

"Realisasi anggaran bukan diukur dari berapa banyak anggaran yang telah dibelanjakan tetapi diukur dari seberapa baik pelayanan kepada masyarakat, seberapa banyak kemudahan diberikan kepada masyarakat," ujar Jokowi.

Selain itu, Mantan Gubernur DKI Jakarta juga menyoroti anggaran yang digunakan untuk studi banding ke luar negeri. Menurutnya, banyak kegiatan studi banding yang dilakukan para pejabat negara yang tidak efisien.

Untuk itu, Ia meminta kementerian dan lembaga mengurangi studi banding ke luar negeri dan mengajak lembaga untuk memanfaatkan ponsel pintar (smart phone) dalam mengakses informasi.

"Untuk apa studi banding jauh-jauh sampai ke luar negeri padahal informasi yang kita butuhkan bisa diperoleh dari smart phone kita," pesannya.

Dalam menyampaikan pidato tersebut, Presiden RI berbalut pakaian adat daerah setelah sebelumnya mengenakan setelan jas saat memasuki gedung parlemen.

TAGS : Kinerja MPR




TERPOPULER :