Minggu, 20/10/2019 08:48 WIB

Alasan Ngidam yang Dirasakan Ibu Hamil

Anda dapat membuat momen ngidam untuk memenuhi kecukupan nutrisi harian dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang tidak hanya lezat namun juga sehat. 

Ilustrasi ibu hamil

Jakarta, Jurnas.com - Cerita yang sangat banyak dan pengalaman yang akan dirasakan oleh Anda yang saat ini sedang menantikan kelahiran buah hati, mulai dari mengandung, ngidam dan masih banyak lagi.

Ngidam menjadi pengalaman yang sangat seru, unik, dan tidak terlupakan. Diharapkan untuk mendapatkan makanan dan minuman tertentu selama hamil.

Dr. Med. dr. Damar Prasmusinto, SpOG (K) memaparkan jika ngidam adalah hal yang wajar untuk ibu hamil, biasanya dipicu oleh hormon yang terlibat Peptida Opiod Endogen (POE). Di mana terdapat hubungan yang kuat antara POE dengan asupan makanan.

Hal ini sangat perlu dicermati oleh Anda, karena biasanya kesulitan untuk mengatur keinginan sulit memilih asupan nutrisi yang harus disetujui.

Meskipun sering ngidam yang aneh-aneh, tidak semua ngidam bisa membantah, karena ibu hamil harus memperhatikan tentang kebutuhan gizi dan nutrisinya untuk menghindari efek negatif pada saat melahirkan.

Berat badan kurang dan kelahiran prematur menjadi hal yang paling riskan terjadi pada calon bayi. Untuk menghindari kekurangan nutrisi dan nutrisi pada calon bayi, perlu ditingkatkan asupan karbohidrat, protein, dan lemak yang diseimbangkan dengan mikronutrien yang cukup seperti asam folat, zat besi, dan kalsium.

Untuk itu, Anda dapat membuat momen ngidam sebagai peluang dalam memenuhi kecukupan nutrisi harian dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang tidak hanya lezat namun juga sehat.

"Contohnya, menghindari konsumsi makanan dengan kadar gula dan minyak berlebih. Jika Anda ingin mengonsumsi kudapan lezat dan bernutrisi, Bunda dapat memilih buah, jus buah segar, atau agar-agar kaya serat," ucapnya.

"Yang paling utama ialah kebutuhan nutrisi seimbang dengan pola makan bergizi 3x sehari, air mineral 10 gelas / hari, dan dilengkapi konsumsi susu khusus untuk penyembuhan setiap hari," jelas dr. Damar.

TAGS : Ibu Hamil Alasan Ngidam Asupan Nutrisi




TERPOPULER :