Kamis, 14/11/2019 15:13 WIB

Lemak Gorengan Lebih Banyak dari Susu Segar

Tahukah Anda, jika satu gelas susu kandungan lemaknya jauh lebih sedikit daripada kita makan gorengan.

Susu segar

Jakarta, Jurnas.com - Masih banyak terdapat mitos terkait susu yang selama ini beredar di masyarakat. Ahli Gizi Emilia Ahmadi mengatakan masih banyak yang terkait dengan susu yang masih perlu diluruskan.

Sebab susu segar merupakan salah satu kebutuhan dalam tubuh karena mengandung banyak nilai gizi. "Dalam satu takaran penyajian susu terdapat 150 gram kalori, 12 persen lemak, protein 8 gram, dan kalsium 30 persen," ujar Emilia.

Susu yang asli keluar dari sapi itu ya full cream, padahal definisinya yang konten lemak tidak diikutkan, lemak 3,5 persen jumlahnya sangat kecil.

Jangan disamakan dengan SKM karena itu bukan susu, lebih banyak kandungan pemanis. Satu gelas kandungan lemak susu jauh lebih sedikit daripada kita makan gorengan.

Banyak produsen susu yang mengeluarkan juga pilihan mulai dari ful cream, low fat dengan kandungan lemak 2,5 persen lalu ada skim atau fat free sekitar 2 persen lebih encer.

"Kandungan gizi makro dan mikro nutrisi tidak berubah baik itu protein, zat besi, kalsium, vitamin dll hanya yang perlu diketahui. Lemak susu tidak pernah berbahaya tapi dibutuhkan oleh tubuh kita, ada fungsinya," ucapnya.

Berikut mitos soal susu yang perlu Anda ketahui:

1. Susu membuat orang gemuk, faktanya jika mengonsumsi susu segar sesuai porsinya, maka tidak perlu kegemukan.

2. Susu mengandung banyak lemak, faktanya susu segar hanya terdiri dari susu segar yang langsung diperah dari sapi tanpa campuran bahan apa pun.

3. Susu membuat orang bebas dan perlu, faktanya jika perlu dengan makanan dan minuman yang sesuai maka rasa mual bisa dihindari

4. Dapat memperoleh kalsium dari banyak sumber selain produk susu, faktanya kandunga kalsium pada susu termasuk tinggi yaitu 30 persen dalam satu kali takaran penyajian.

5. Susu kedelai dapat menghasilkan susu sapi, faktanya protein hewani dapat diproduksi melalui hewan menyusui, sepertiga sapi.

6. Susu segar lebih sehat dari susu pasteurisasi, faktanya susu segar adalah susu yang didapat dari proses pasteurisasi.

Emilia menambahkan dengan minum susu tidak berlebihan maka nutrisi yang masuk pun akan sesuai kebutuhan.

 

TAGS : Mitos Susu Susu Segar Kandungan Gizi




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :