Sabtu, 24/08/2019 12:32 WIB

Menyusui Bisa Menurunkan Risiko Penyakit Kronis pada Anak

Penyakit kronis bisa mengancam jiwa anak seperti perburukan gizi, gangguan pencernaan pada anak hingga penyakit kanker.

Ilustrasi ibu menyusui (foto: ilustrasi)

Jakarta, Jakarta - Pusat dan dihadiri oleh dr. Meirdania Andina, SpA, M.Kes selaku Dokter Spesialis Anak sebagai narasumber pada health talk ini.

Banyak sekali manfaat dan peran Air Susu Ibu (ASI) yang dapat melindungi bayi dari berbagai macam penyakit kronis.

Penyakit kronis ini bisa mengancam jiwa anak seperti perburukan gizi, gangguan pencernaan pada anak hingga penyakit kanker.

Berdasarkan data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahwa pemberian ASI (Air Susu Ibu) secara eksklusif hingga usia enam bulan bisa mencegah kematian lebih dari 200 ribu bayi setiap tahunnya.

Karenanya, Pedulisehat berupaya untuk berbagi informasi seputar manfaat ASI, termasuk untuk mencegah penyakit kronis pada bayi dan anak.

Dokter Spesialis Anak Meirdania Andina, SpA, M.Kes mengatakan bahwa menyusui sangatlah penting bagi bayi karena untuk tumbuh kembang, meningkatkan rasa percaya diri, meningkatkan kecerdasan dan meningkatkan ikatan batin.

Selain itu dengan menyusui dapat pula menurunkan risiko SIDS (Sudden Infant Death Syndrome) yaitu kematian mendadak pada bayi sehat berusia di bawah 1 tahun tanpa ada gejala apapun sebelumnya, dapat pula menurunkan risiko diare, menurunkan risiko OMA (otitis media akut) atau radang telinga tengah, menurunkan risiko ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut), menurunan risiko Pneumonia, menurunkan risiko hipertensi dan obesitas, menurunkan risiko alergi, menurunkan risiko diabetes, menurunkan risiko gangguan gigi dan maloklusi.

“Dengan menyusui ini sebenarnya kebutuhan gizi bayi dapat terpenuhi sehingga daya tahan tubuh bayi juga baik dan melatih bayi lebih mandiri,” ujar dr Meirdania dalam acara yang digelar Pedulisehat dan Komunitas Popmama Arisan beberapa waktu lalu ini.

TAGS : Penyakit Kronis Manfaat Menyusui




TERPOPULER :