Jum'at, 26/04/2024 00:21 WIB

Yuk Rayakan Hari Lipstik Sedunia, Pilih Sesuai Karakter Anda

Sebelum membeli, pilihlah jenis lipstik yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kesehatan bibir Anda dan juga perhatikan selalu bahan-bahan yang terkandung.

Ilustrasi Lipstik

Jurnas.com - Lipstik memiliki peran penting dalam kehidupan perempuan, lipstik dapat menjadi satu-satunya riasan yang digunakan tanpa perlu aplikasi makeup lainnya. Coba sekali lagi lipstik merah dan Anda pun bisa terlihat segar tanpa perlu tambahan perona pipi atau stabilo . 

Perkembangan teknologi dan zaman membuat lipstik kini memiliki beragam tekstur serta warna yang memudahkan perempuan membebaskan pembicaraan dan suasana. 

Namun dari sekian banyak pilihan, tentu ada satu yang selalu menjadi favorit. Nah kalau kamu suka lipstik jernis apa nih:

1. Lipstik Satin

Lipstik satin cocok untuk Anda yang punya masalah dengan bibir kering dan mudah pecah-pecah. Pasalnya, lipstik jenis ini dapat melembapkan sekaligus menyehatkan bibir Anda, serta membuatnya tampak berkilau dan glossy. Karena mengandung banyak pelembap di dalamnya, lipstik satin akan terlihat lebih gelap di kemasan daripada saat dioleskan di bibir.

2 Sheer Lipstick

Sama seperti lipstik satin, sheer lipstickjuga memiliki tekstur yang lembut dan dapat melembapkan sekaligus menyehatkan bibir. Mengandung bahan pelembap yang tinggi, lipstik ini tak ubahnya seperti produk lip balm.

Sayangnya,  lipstik jenis ini tidak mempunyai daya pigmentasi yang kuat. Ketika diaplikasikan pada bibir, warna sheer lipstick tidak dapat menutupi keseluruhan warna bibir alami, melainkan hanya menyamarkan dan menambah sedikit rona.

3. Matte Lipstick

Lipstik bertekstur matte merupakan satu-satunya jenis lipstik yang tidak mudah terhapus karena sifatnya yang kering dan lengket pada bibir. Bisa dibilang, matte termasuk ke dalam jenis lipstik tahan lama.

Akhir-akhir ini, lipstik matte banyak diproduksi dalam bentuk cair (liquid) yang membuatnya semakin mudah dioleskan pada bibir.

Namun, kekurangan utama lipstik matte yakni dapat membuat bibir kering sehingga mengakibatkan bibir pecah-pecah. Selain itu, garis-garis bibir juga akan tampak semakin jelas ketika Anda menggunakan lipstik matte.

Mengatasi hal tersebut, sebaiknya Anda terlebih dulu mengoleskan lip balm sebelum mengaplikasikan lipstik matte. Atau Anda bisa memilih lipstik matte yang mengandung pelembab di dalamnya yang sesuai dengan kondisi bibir Anda.

4. Glossy Lipstick

Glossy lipstick adalah pilihan yang tepat untuk meraih tampilan bibir yang penuh dan padat, karena efek kemilau dan segar yang dihasilkan. Meski kelihatan basah dan berminyak, bukan berarti glossy lipstick mengandung pelembap yang tinggi. Anda tetap perlu mengoleskan lip balm sebelum mengaplikasikan lipstik jenis ini agar bibir terasa halus dan tidak kering.

5. Creamy Lipstick

Creamy lipstick bertekstur sangat nyaman di bibir dan mampu menghasilkan warna yang intens dengan efek basah. Aplikasikan creamy lipstick dengan bantuan kuas setelah pulasan lip liner berwarna senada. Jika Anda ingin menjadikan creamy lipstick seperti tampilan lipstik matte, tempelkan dan tekan pelan-pelan tisu di permukaan bibir setelah selesai mengoleskan creamy lipstick.

6. Lip Tint/Lip Stain

Perbedaan mendasar lip tint/lip stain dengan jenis lipstik lainnya terletak pada kandungan bahan yang digunakan. Jika jenis produk lipstik lainnya mengandung lilin, lip tint/lip stain justru tidak mengandung lilin sama sekali di dalamnya.

Ada juga lip tint yang bentuknya menyerupai lip balm dan biasa disebut tinted lip balm. Bahan utama untuk membuat lip tint/lip stain, yaitu air, alkohol dan gel, tanpa dicampur lilin atau minyak.

Itulah mengapa lip tint membuat bibir jadi lebih mudah kering dibandingkan jenis lipstik lainnya. Maka dari itu, lip tint biasanya diaplikasikan setelah penggunaan lip balm. Meskipun begitu, lip tint tetap menjadi favorit karena warnanya yang bertahan lebih lama.

7. Frosty Lipstick

Frosty lipstick merupakan lipstik bertabur shimmer yang melimpah dan mempunyai tekstur yang creamy. Ketika dioleskan di atas bibir, lipstik satu ini akan melapisi bibir Anda dengan nuansa keperakan dan segar yang pada dasarnya tidak selalu cocok untuk dipakai semua orang. Mungkin itu sebabnya frosty lipstick tidak mampu mempertahankan eksistensinya hingga saat ini, meskipun sempat berjaya di tahun 80-an.

KEYWORD :

Hari Lipstik Sedunia Jenis Lipstik




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :