Senin, 19/04/2021 22:24 WIB

Puluhan Warga Nigeria Tewas di Tangan Anggota Bako Haram

orang-orang bersenjata Boko Haram menewaskan sedikitnya 65 pelayat yang kembali dari pemakaman Sabtu di dekat ibukota negara bagian Borno,

Tentara Nigeria berpatroli di distrik Panshekara di pinggiran kota utara Kano pada 19 April 2007. (Foto: Reuters)

Jakarta, Jurnas.com - Anggota ekstrimis Bako Haram membunuh puluhan warga sipil yang kembali dari pemakaman akhir pekan di timur laut Nigeria.

Muhammed Bulama, seorang ketua pemerintah daerah mengatakan, orang-orang bersenjata Boko Haram menewaskan sedikitnya 65 pelayat yang kembali dari pemakaman Sabtu di dekat ibukota negara bagian Borno, Maiduguri.

"21 orang terbunuh dalam serangan awal sementara 44 lainnya terbunuh ketika berusaha untuk melarikan diri dari kekerasan," kata Bulama dilansir UPI.

"Sepuluh orang juga terluka, delapan kritis, dan menerima perawatan di rumah sakit setempat," tambahnya.

Dalam sebuah pernyataan hari Minggu, juru bicara Garba Shehu mengatakan Presiden Muhammadu Buhari mengutuk serangan itu dan bahwa mereka yang bertanggung jawab akan membayar harga besar untuk tindakan mereka.

"Pemerintah federal berkomitmen kuat dan tegas untuk mengambil semua tindakan yang diperlukan untuk menjaga keamanan negara," kata Shehu. "Pemerintahan ini bertekad untuk mengakhiri ancaman terorisme."

Dia mengatakan militer Nigeria telah mengirim pasukan udara dan darat untuk membawa mereka yang bertanggung jawab ke pengadilan.

Dalam 10 tahun Boko Haram telah aktif di Nigeria, puluhan ribu telah terbunuh dalam upaya kelompok itu untuk mendirikan sebuah kalifat Islam di negara itu. Sekitar 2 juta orang juga telah mengungsi secara internal karena kekerasan.

TAGS : Kelompok Bakoharam Nigeria




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :