Minggu, 18/08/2019 09:52 WIB

Saudia Airlines Sambut Dubes Baru Saudi untuk Indonesia

Saudia Airlines selaku penyelenggara acara mengaku bangga dan terhormat dapat menyambut kedatangan Althaghafi. 

Penyambutan dubes baru Saudi Arabia untuk Indonesia oleh Saudia Airlines

Jakarta, Jurnas.com - Saudia Airlines menyambut kedatangan Esam Abid Althaghafi, duta besar baru Saudi untuk Indonesia. Sambutan itu dirangkai dengan menggelar "Welcoming Reception" di Hotel Fairmont, Senayan, Jakarta, Rabu (17/07).

Dalam acara tersebut, Althaghafi membahas tentang hubungan bilateral antara Indonesia dan Saudi. Terkait hal itu, dia menyinggung tentang penyelenggaraan ibadah haji dan umrah Indonesia.

Menurutnya, Indonesia merupakan negara penyumbang jamaah haji terbesar di dunia dibanding negara-negara muslim lainnnya.

"Indonesia sebagai negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia, menyumbang angka terbesar untuk haji dengan total 230 ribu jamaah per tahunnya," kata Althaghafi.

Pada 2018, jumlah jamaah umrah Indonesia mencapai 1.025.000 orang. Sedangkan pada 2019 mencapai 925 ribu jamaah.

Saudia Airlines selaku penyelenggara acara mengaku bangga dan terhormat dapat menyambut kedatangan Althaghafi.

Saudia Manager Indonesia pun mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kerja sama dengan Kedutaan Saudi di Jakarta dan instansi terkait dari pihak Pemerintah Indonesia.

Saudia Airlines atau Saudi Arabia Airlines (IATA: SV) merupakan maskapai terbesar milik Pemerintah Kerajaan Arab Saudi dan mulai membuka kantor penjualannya di Indonesia pada tahun 1978 dengan status offline station yang dijalankan oleh PT. Ayuberga sebagai GSA Saudi Airlines di Indonesia.

Mayoritas penumpang Saudia Airlines dari Indonesia adalah jamaah umrah, atau sekitar 92% pada musim umrah. Selebihnya Saudia Airlines menjadi pilihan kalangan pebisnis.

Perkembangan pasar yang pesat mendukung Saudi Arabia untuk memulai penerbangan langsung dari Jakarta ke Jeddah dengan frekuensi 2 kali perminggu pada tahun 1985. Pada tahun 2012, maskapai ini mencapai 9x penerbangan/minggu dari Jakarta ke Jeddah dan Medinah.

Pada tahun 2014 untuk mengakomodasi permintaan pasar di Jawa Timur dan Sumatra Utara, Saudia Airlines membuka penerbangan langsung dari Surabaya dan Medan dengan frekuensi masing-masing 2x penerbangan setiap minggunya serta di tahun 2016 akhir membuka penerbangan langsung dari Makassar ke Madinah.

Perkembangan terbaru adalah tahun 2019 ini jumlah penerbangan dari Jakarta menjadi 24x penerbangan dari Jakarta, 4x penerbangan dari Surabaya dan 2x penerbangan dari Medan setiap minggunya.

 

TAGS : Saudi Airlines Dubes Arab




TERPOPULER :