Minggu, 25/08/2019 22:46 WIB

Lima Makanan Superfood yang Kerap Terabaikan

Jangan salah, meski namanya superfood, Anda tidak akan sulit menemukannya, apalagi bila Anda tinggal di kota besar.

Bayam menjadi sala satu makanan superfood ( Foto: Shutterstock)

Jurnas.com - Belakangan ini, istilah superfood (sayuran dengan kandungan nutrisi ekstra) telah banyak menyyita perhatian, terutama perempuan.

Beberapa studi juga menyajikan data valid mengenai kandungan nutrisi superfood yang telah diteliti.

Jangan salah, meski namanya superfood, Anda tidak akan sulit menemukannya, apalagi bila Anda tinggal di kota besar.

Berikut adalah 5 superfood yang dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan nutrisi harian secara lebih maksimal.

1. Brussel Sprout

Brussel sprout atau kubis brussel adalah salah satu sayuran yang hijau yang punya kandungan nutrisi tertinggi. Mungkin Anda tidak menyangka bahwa sayuran mungil ini mengandung banyak khasiat, diantaranya adalah mengurangi peradangan karena kandungan glucosionate yang tinggi di dalamnya.

Selain itu, sayuran hijau ini juga mengandung indole-3-carbinol, zat kimia yang berguna untuk meningkatkan perbaikan DNA sehingga baik untuk memblokir pertumbuhan sel kanker. Tidak hanya sampai di situ, konsumsi 100 gram brussel sprout ternyata memenuhi kebutuhan harian vitamin K pada tubuh sebesar 169 persen.

2. Kale

Kale adalah salah satu sayuran yang mengandung komposisi vitamin dan mineral terlengkap. Kale disinyalir sebagai bahan makanan yang dapat menghambat proses penuaan dan juga mencegah penyakit yang muncul karena bertambahnya umur.

Kale juga mempunyai kandungan Vitamin A yang sangat tinggi, yaitu 9990 IU per 100 gramnya dan kandungan Vitamin K Sembilan kali lebih tinggi dibanding kubis biasa.

 3. Kangkung

Sayuran kangkung mengandung bermacam-macam mineral seperti vitamin A, B dan C, selenium, kalsium, zat besi, fosfor. Kandungan vitamin A yang tinggi pada kangkung (6300 IU per 100 gram) menjadikan sayuran efektif untuk menagkal radikal bebas yang menyebabkan penuaan.

Selain itu, kandungan serat yang sangat tinggi pada kangkung membuat sayuran baik dikonsumsi secara teratur untuk mempertahankan berat badan ideal.

4. Swiss Chard

Swiss chard belakangan ini menjadi superfood yang paling popular. Para ibu yang masih memiliki balita dan vegan sama-sama menyukai sayuran satu ini untuk menjadi olahan pangan mereka.

Sayuran dengan tangkai berwarna terang ini punya segudang nutrisi, dari mulai vitamin, mineral, protein, hingga serat dan kalsium.

Satu cangkir swiss chard diketahui mengandung vitamin K sebesar 572 mg (636 persen dari jumlah kebutuhan harian, vitamin A sebesar 306 mg (60 persen dari jumlah kebutuhan harian), Magnesium sebesar 150 mg (38 persen jumlah kebutuhan harian).

Selain itu swiss chard amat baik dikonsumsi untuk penderita diabetes karena kandungan nutrisinya membantu mengatur aktivitas enzim alpha-glucosidase, yang kemudian memperlambat pelepasan gula ke dalam aliran darah.

5. Bayam

Bayangkan saja, dengan mengkonsumsi bayam, kita akan dimanjakan dengan terpenuhinya kebutuhan tubuh akan vitamin A, C, E, K, kalsium, zat besi, potasium, magnesium, mangan, seng, dan sejumlah mineral lain.

Kandungan 13 jenis flavonoid dalam bayam efektif untuk memerangi sel kanker. Selain itu, kandungan neoxanthin dan violaxanthin (zat anti-inflamasi epoxyxanthophylls) di dalamnya membantu menghambat aktivitas peradangan, sehingga dapat dengan efektif menghindarkan kita dari resiko peradangan sendi dan osteoporosis. 

TAGS : Makanan Superfood Kandungan Nutrisi




TERPOPULER :