Minggu, 25/08/2019 22:50 WIB

Cegah Kanker dengan Rutin Konsumsi Buah dan Sayur

Sekitar 30 persen pria dan 50 persen perempuan yang mengidap kanker, dipicu oleh pemilihan menu makan yang buruk.

Pastikan sayur dan buah memenuhi pola makan Anda (Foto: Shutterstock)

Jurnas.com - Buah dan sayuran adalah makanan alami yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Bahkan, dua jenis bahan pangan tersebut banyak yang memiliki khasiat untuk mencegah dan melawan kanker. Pewarna pada buah dan sayur, menjadi salah satu zat berkhasiat.

Mengonsumsi buah dan sayuran yang berwarna kuning, merah, dan oranye memiliki manfaat dalam melawan sel kanker payudara. Dari situ ditemukan, zat pigmen yang memberikan warna pada buah dan sayur berperan dalam mengahancurkan sel kanker.

Pigmen karotenoid yang membentuk warna dalam buah dan sayur punya karakteristik menarik. Zat tersebut dapat meningkatkan kekebalan tubuh, memperbaiki fungsi penglihatan, dan mengurangi pertumbuhan tumor.

Menurut International Agency for Research on Cancer, banyak kanker yang terjadi sebenarnya muncul dari faktor makanan. Sekitar 30 persen pria dan 50 persen perempuan yang mengidap kanker, dipicu oleh pemilihan menu makan yang buruk.

Dan, pada studi ini, manfaat tersebut bekerja baik pada tubuh manusia. Sementara itu, peneliti menemukan kaitan langsung antara pengaruh karotenoid dengan kemampuannya melawan sel kanker payudara.

Namun, di lain sisi, jenis makanan sehat tidak hanya berperan dalam penyediaan sumber energi dan nutrisi. Makanan sehat memiliki efek farmakologi kompleks yang mengatur biosintesis enzim, hormon, neurotransmiter, dan senyawa biologis aktif lainnya yang diperlukan untuk fungsi tubuh.

Jadi, jangan lewatkan untuk makan sayur dan buah. Kedua makanan sehat ini mengandung segudang manfaat bagi tubuh.

TAGS : Buah Sayuran Cegah Kanker




TERPOPULER :