Senin, 09/12/2019 23:25 WIB

Komisi IX: Kinerja BPJS Ketenagakerjaan Harus Ditingkatkan

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Putih Sari meminta peningkatan kinerja BPJS Ketenagakerjaan Provinsi Sulawesi Selatan dalam rangka perluasan jumlah peserta dan performa kinerja program Corporate Social Responsibility (CSR).

Wakil Ketua Komisi IX DPR, Putih Sari

Jakarta, Jurnas.com - Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Putih Sari meminta peningkatan kinerja BPJS Ketenagakerjaan Provinsi Sulawesi Selatan dalam rangka perluasan jumlah peserta dan performa kinerja program Corporate Social Responsibility (CSR).

Selain itu pengawasan terhadap pelaku usaha juga harus dilakukan secara lebih intens agar mereka mendaftarkan para pekerjanya sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Hal itu diungkapkan Putih usai menerima penjelasan Direktur BPJS Ketenagakerjaan, perwakilan Pemerintah Provinsi Sulsel dan perwakilan Kementerian Ketenagakerjaan saat Kunjungan Kerja Spesifik Panja Investasi BPJS Ketenagakerjaan Komisi IX DPR RI ke Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (16/7/2019).

“Kalau dari segi kinerja BPJS Ketenagakerjaan secara keseluruhan harus terus ditingkatkan. Kalau dari perluasan peserta, sebagaimana disinggung Pemerintah Daerah Sulsel, mereka menyampaikan bahwa masih jauh dari jumlah pekerja. Sehingga perlu terus ditingkatkan juga terkait pengawasan kepada para pelaku usaha untuk bisa mendaftarkan para pekerjanya,” ujar politisi Partai Gerindra itu.

Selain kinerja BPJS Ketenagakerjaan dari segi perluasan peserta, Putih juga meminta perbaikan kinerja BPJS Ketenagakerjaan dari segi program CSR. Mengingat program CSR yang dilakukan BPJS Ketenagakerjaan Sulsel dinilai tidak tepat sasaran, oleh karena itu perlu dibuat sebuah regulasi yang mengikat agar rekomendasi-rekomendasi yang diberikan oleh Dewan Pengawas itu harus dilaksanakan dengan baik.

“Tentunya perlu diperkuat, saya kira dengan payung hukum juga termasuk dengan permasalahan investasi yang ada itu. Sehingga manfaat bisa sebesar-besarnya untuk para peserta BPJS Ketenagakerjaan. Ke depan kita akan merekomendasikan adanya regulasi yang bisa mengikat program CSR tersebut. Sehingga CSR yang dikeluarkan BPJS Ketenagakerjaan tidak terlalu luas dan umum,” jelas Putih.

Selain Putih, turut serta dalam kunjungan ini sejumlah Anggota Komisi IX DPR RI, diantaranya Imam Suroso (F-PDI Perjuangan), Aliyah Mustika Ilham (F-PD), Andi Fauziah Pujiwatie Hatta (F-PG), Hang Ali Saputra (F-PAN), Mafirion (F-PKB), Dewi Asmara (F-PG), Suir Syam (F-Gerindra).

TAGS : Warta DPR Komisi IX BPJS Ketenagakerjaan




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :