Kamis, 12/12/2019 06:00 WIB

Ibu Hamil Jangan sampai Kekurangan Nutrisi Mikro

Fakta di Indonesia menunjukkan bahwa 1 dari 2 ibu hamil mengalami anemia dan kekurangan nutrisi mikro seperti zat besi dan asam folat.

makanan sehat ibu hamil (foto: ilustrasi)

Jakarta, Jurnas.com - Status gizi bunda selama masa kehamilan berperan penting bagi pertumbuhan janin yang sedang dikandung.

Sebab masa kehamilan yang merupakan bagian dari periode 1000 Hari Pertama Kehidupan yang akan menentukan kualitas kesehatan si Kecil
di masa depan.

Untuk mendukung kehamilan yang sehat, Anda membutuhkan zat gizi dalam jumlah besar baik nutrisi makro seperti karbohidrat, protein atau lemak, dan juga nutrisi mikro seperti beragam jenis vitamin dan mineral, termasuk zat besi dan asam folat.

Sayangnya, fakta di Indonesia menunjukkan bahwa 1 dari 2 ibu hamil mengalami anemia dan kekurangan nutrisi mikro seperti zat besi dan asam folat.

Dokter Spesialis Kandungan dan Kebidanan, Dr. dr. Ali Sungkar, SpOG (K) mengatakan pada masa kehamilan, kebutuhan nutrisi mikro ibu hamil meningkat.

"Jika pada masa ini ibu hamil mengalami kondisi kekurangan nutrisi mikro, maka bisa berdampak buruk bagi janin seperti kelainan plasenta, dan perdarahan saat melahirkan, bayi lahir prematur, bayi lahir dengan berat badan rendah, dan bayi meninggal dalam kandungan," jelasnya.

Oleh karena itu, persiapan yang baik harus dilakukan pada masa kehamilan. Mulai dari persiapan fisik yang baik dan juga kecukupan nutrisi untuk mendukungnya, agar janin yang dikandung dapat tumbuh sehat dan siap menjadi anak generasi maju di masa depan.

"Ibu adalah sumber nutrisi utama si kecil selama proses kehamilan. Untuk itu, penting bagi ibu hamil untuk memperhatikan kualitas asupan makanan sehari-hari dengan menu makanan yang seimbang," sambung dr Ali di Jakarta, Rabu (17/7).

Nutrisi mikro merupakan zat gizi yang diperlukan oleh tubuh manusia dalam jumlah kecil untuk melaksanakan fungsi-fungsi fisiologis.

Namun, karena dibutuhkan dalam jumlah kecil, kebanyakan ibu hamil sering kali melewatkan kecukupan nutrisi mikro dalam menu makanan mereka.

TAGS : Ibu Hamil Status Gizi Nutrisi Mikro




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :