Jum'at, 26/04/2024 07:31 WIB

Cegah Anemia, Jangan Abaikan Tablet Tambah Darah

Anemia bisa memengaruhi penurunan kesehatan fisik remaja putri, berdampak negatif pada prestasi belajar di sekolah.

Lindungi Remaja Putri dari bahaya anemia (Foto: Nutrition Indonesia)

Jakarta, Jurnas.com - Nutrition International dan Pemerintah Indonesia menyelenggarakan pertemuan untuk menyoroti pentingnya pencegahan anemia bagi remaja putri.

Pertemuan tersebut dihadiri oleh perwakilan dari berbagai kementerian serta peserta didik dan guru yang menekankan perlunya melanjutkan dan meningkatkan intervensi-intervensi untuk meningkatkan gizi bagi remaja putri dan mencegah anemia.

Direktur Gizi Masyarakat Kementerian Kesehatan Ir. Doddy Izwardi, MA mengatakan anemia memengaruhi penurunan kesehatan fisik remaja putri, berdampak negatif pada prestasi belajar di sekolah, dan meningkatkan kemungkinan komplikasi dan masalah perkembangan janin jika remaja putri memilih untuk menjadi seorang ibu di masa depan.

"Pemerintah telah membuat program Suplementasi Tablet Tambah Darah Mingguan yang bertujuan untuk melindungi remaja putri dari anemia," ujar Doddy.

Nutrition International, berkolaborasi dengan Pemerintah Indonesia dengan dukungan dari Pemerintah Kanada dan Australia, bersama-sama memastikan remaja putri di sekolah memiliki akses suplementasi TTD mingguan serta pendidikan gizi dan konseling melalui program Right Start dan MITRA Youth.

Direktur Nutrition International Indonesia Sri Kusyuniati mengatakan, Majelis Kesehatan Dunia telah menyerukan pengurangan 50 persen anemia pada perempuan usia subur pada tahun 2020.

Sebuah target jangka waktu yang dipercaya para ahli global dapat dicapai jika upaya pengurangan anemia difokuskan pada remaja putri yang tinggal di negara berkembang. "Kami berkomitmen untuk bekerja bersama Pemerintah Indonesia untuk meningkatkan gizi bagi remaja," ucapnya.

Dengan total investasi sebesar 3,6 juta dollar Kanada atau sekitar Rp 36 milyar, remaja putri di 9.000 sekolah di Jawa Barat, Banten, Jawa Timur, dan Nusa Tenggara Timur mendapat manfaat dari dukungan ini.

Nutrition International telah membantu melatih staf dinas-dinas terkait dan guru, mendukung perencanaan, pelaksanaan dan pemantauan, serta mengembangkan media komunikasi untuk membekali peserta didik, guru dan anggota masyarakat dengan pengetahuan yang tepat tentang gizi yang baik dan pencegahan anemia. Nutrition International juga mendukung Pemerintah Indonesia dalam mengembangkan strategi nasional untuk penanggulangan anemia.

KEYWORD :

Tablet Tambah Darah Pencegahan Anemia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :