Senin, 14/10/2019 05:17 WIB

Operasi Jadi Solusi Tunggal Sembuhkan Katarak

Seiring bertambahnya usia seseorang, peluang terserang gangguan penglihatan ini juga semakin tinggi.

Konferensi pers operasi katarak

Jakarta, Jurnas.com – Katarak merupakan penyakit yang tidak dapat dihindari. Seiring bertambahnya usia seseorang, peluang terserang gangguan penglihatan ini juga semakin tinggi.

Dr. Ricky E Rooroh menjelaskan, katarak adalah proses terjadinya kekeruhan pada lensa mata yang menyebabkan gangguan fungsi penglihatan, dan biasanya terjadi pada orang-orang berusia di atas 40 tahun atau paruh baya.

Adapun yang sering menjadi masalah, kata Dr. Ricky, lensa yang sudah mengeruh dibiarkan begitu saja. Dan jika dibiarkan terlalu lama, katarak berpeluang semakin mengeras hingga mengakibatkan kebutaan.

“Bila seseorang menderita katarak, tindakan satu-satunya untuk menanggulanginya adalah operasi. itu saja satu-satunya solusi. Obat ataupun vitamin apapun tidak akan membantu,” jelas Dr. Ricky dalam konferensi pers Klinik Mata Nusantara (KMN) EyeCare beberapa waktu lalu di Jakarta, yang juga dihadiri oleh CEO KMN EyeCare Dr. Rudy C. Susilo.

Dengan demikian, Dr. Ricky menegaskan bahwa ini merupakan fakta yang harus diluruskan kepada masyarakat, bahwa kendati terlihat menakutkan, operasi katarak merupakan tindakan yang tidak dapat dihindari bagi penderitanya.

Dalam kesempatan yang sama, artis kawakan Widyawati menuturkan pengalaman dirinya menjalani operasi katarak. Dia mengakui sempat ketakutan sebelum operasi tersebut.

“Setelah diperiksa, ternyata katarak yang saya derita sudah sedemikian parah, terutama di mata kanan, sehingga membutuhkan tindakan operasi. Awalnya saya takut karena ini menyangkut mata, setelah berunding dengan anak-anak, saya memutuskan operasi,” tutur dia.

TAGS : Mata Katarak Kesehatan




TERPOPULER :