Rabu, 18/09/2019 02:36 WIB

Percepat Capaian UMKM Melalui Platform Digital

Pameran yang bertemakan “Mendorong Distribusi Ekonomi melalui UMKM Go Export dan Go Digital” menghadirkan koleksi khas Nusantara.

Karya Kreatif Indonesia 2019 dibuka hari ini di JCC hinga hari Minggu besok (Foto: Ecka Pramita)

Jakarta, Jurnas.com - Sebagai wujud sukses nyata dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional, Bank Indonesia (BI) mempercepat upaya pengembangan ekonomi baru melalui pengembangan produk unggulan untuk mendukung Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Indonesia menuju pasar internasional dan menggunakan platform digital.

Untuk mendukung hal itu, BI kembali menyelenggarakan pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2019 yang disetujui pada hari Jumat-Minggu, 12-14 Juli 2019 di Exhibition Hall A, Jakarta Convention Center.

Pameran yang bertemakan “Mendorong Distribusi Ekonomi melalui UMKM Go Export dan Go Digital” menghadirkan koleksi lengkap kain tradisional batik, tenun, ulos, songket, dan produk turunannya, perhiasan dan kerajinan tradisional serta produk olahan dari UMKM pemenang binaan BI yang tersebar di seluruh nusantara. 

Pengunjung juga dapat menikmati sajian kuliner nusantara dan kopi unggulan Indonesia. Salah satunya kopi Arabica Bajawa dari Flores binaan Albertus Gua. Selain bisa mencicipi kopi yang langsung dibuat dari bijinya itu, pengunjung juga bisa ngobrol langsung sama petani kopinya.

Berbeda dari tahun sebelumnya, KKI 2019 memfasilitasi pencocokan bisnis antara perlindungan UMKM dengan lembaga keuangan , pasar , dan importir/agregator.

Selain itu, diselenggarakan pula parade kain nusantara produk premium UMKM binaan Bank Indonesia yang berkolaborasi dengan desainer nasional ternama. 

Melalui kegiatan talkshow , lokakarya, dan pelatihan bisnis, pengunjung juga dapat memperoleh informasi tentang prosedur, program, fasilitas, dan kiat-kiat untuk UMKM guna memperoleh pasar internasional dan memanfaatkan platform digital dalam pemasaran produk UMKM .

 

KKI 2019 memberikan peluang kepada UMKM untuk mempromosikan produknya yang lebih luas, sekaligus memotivasi untuk terus berkreasi menghasilkan produk yang berkualitas dan bernilai tinggi. Mari kita dukung KKI 2019, untuk kemajuan UMKM Indonesia!

TAGS : UMKM Indonesia Karya Kreatif




TERPOPULER :