Rabu, 18/09/2019 22:26 WIB

Vaksin Flu Selama Kehamilan Aman untuk Janin

Mereka mengatakan hasil menunjukkan bahwa vaksinasi flu selama kehamilan aman untuk ibu dan anak-anak.

Vaksinasi flu selama kehamilan aman bagi ibu dan anak-anak, sebuah studi baru ditemukan. Foto milik HealthDay News

Jakarta, Jurnas.com - Penelitian yang dilakukan peneliti Kanada menunjukkan, vaksin flu selama proses kehamilan tidak akan membahayakan janin mereka.

Peneliti Kanada memeriksa data lebih dari 104.000 anak yang lahir di provinsi Ontario antara November 2009 dan Oktober 2010. Dari mereka, 30 persen lahir dari ibu yang menerima vaksin H1N1 selama kehamilan mereka.

Dilansir UPI, anak-anak diikuti sampai usia 5. Tidak ada peningkatan risiko untuk kanker, infeksi, penyakit kronis, perawatan di rumah sakit atau kematian ditemukan di antara anak-anak dari ibu yang divaksinasi.

Tingkat infeksi gastrointestinal sedikit lebih rendah pada anak-anak yang lahir dari ibu yang divaksinasi, dan tingkat asma pada anak sedikit lebih tinggi pada anak yang lahir dari ibu yang divaksinasi.

Namun, asosiasi ini sangat kecil dan bisa disebabkan oleh faktor lain. Temuan ini, dari tim yang dipimpin oleh Paddy Moore di Children`s Hospital of Eastern Ontario (CHEO) Institute Research di Ottawa, diterbitkan 10 Juli di jurnal BMJ.

Mereka mengatakan hasil menunjukkan bahwa vaksinasi flu selama kehamilan aman untuk ibu dan anak-anak.

Wanita hamil dan bayi baru lahir berisiko tinggi menderita penyakit serius selama pandemi flu dan epidemi musiman, sehingga banyak negara menyarankan semua wanita hamil untuk memiliki vaksin flu.

Namun, tingkat vaksinasi rendah. Masalah keamanan umumnya disebut sebagai alasan untuk tidak mendapatkan vaksin flu, terutama di Eropa dan di Amerika Utara.

Semua bukti yang ada menunjukkan bahwa vaksinasi flu selama kehamilan aman untuk ibu dan anak-anak mereka, menurut tajuk rencana bersama oleh Dr. Siri Haberg dari Institut Kesehatan Masyarakat Norwegia.

"Terutama di era kecemasan dan misinformasi `anti-vaxx` ini, adalah tugas kita untuk menjelaskan: Vaksinasi wanita hamil menyelamatkan hidup," kata Haberg dalam rilis berita jurnal.

TAGS : Vaksin Flu Ibu Hamil Kesehatan Janin




TERPOPULER :