Minggu, 08/12/2019 18:13 WIB

Astronot Terry Coba Penerbangan Rekor Dunia

Virts adalah mantan komandan Stasiun Luar Angkasa Internasional dan pilot pesawat ulang-alik untuk penerbangan Endeavour, STS-130 2015.

Ilustrasi peswat yang akan digunakan astronot Terry

Jakarta, Jurnas.com - Pensiunan astronot Terry Virts diperkirakan lepas landas dari Pusat Antariksa Kennedy Florida pada Selasa pagi dalam upaya untuk memecahkan rekor dunia untuk terbang mengelilingi Bumi melewati kutub Utara dan Selatan.

Terry dan tim pilot dari perusahaan Inggris Action Aviation akan menerbangkan jet eksekutif selama sekitar 48 jam dengan pemberhentian singkat untuk mengisi bahan bakar di Kazakhstan dan Chili.

Mereka akan menerbangkan Gulfstream G650ER milik anak perusahaan Qatar Airways. Mereka akan berusaha untuk mencukur menit dari rekor yang tidak tertandingi sejak 2008, kata Action Aviation.

Aviation International News melaporkan pada tahun 2008 bahwa pilot menetapkan rekor untuk navigasi keliling kutub pada 52 jam dan 32 menit. Itu 95 menit lebih cepat daripada Boeing 747 terbang rute pada tahun 1977.

Misi Virts, yang disebut One More Orbit, memberikan penghormatan kepada pencapaian misi bulan Apollo dengan waktu lepas landas 9:32 pagi - waktu yang sama dengan lepas landasnya Apollo 11 pada 16 Juli 1969.

Virts adalah mantan komandan Stasiun Luar Angkasa Internasional dan pilot pesawat ulang-alik untuk penerbangan Endeavour, STS-130 2015.

"Teman sekerja ISS saya, kosmonot Rusia Kolonel Gennady Padalka , akan bergabung dengan kami dalam semangat kerja sama internasional saat kami menerbangkan `satu orbit lagi," kata Virts dilansir UPI.

"Semoga rekor kami akan disertifikasi oleh Fédération Aéronautique Internationale dan Guinness World Records," kata Hamish Harding, ketua Action Aviation.

Penerbangan ini juga dirancang untuk menjadi "netral karbon" dengan menggunakan offset penyerapan karbon.

Awak pesawat akan mencoba melakukan streaming langsung seluruh penerbangan 25.000 mil menggunakan koneksi yang disediakan oleh Satcom Direct.

Qatar Executive dan Gulfstream mengatakan, jet itu dapat terbang dengan kecepatan lebih cepat untuk jarak yang lebih jauh daripada jet lainnya, dengan jangkauan 8.630 mil.

TAGS : Astronot Terry Rekor Dunia




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :