Senin, 23/09/2019 20:06 WIB

Lima Pengganti Gula yang Bisa Jadi Pilihan

Untuk menghindari risiko akibat asupan glukosa berlebih, Anda bisa mengganti gula dengan pemanis lain yang punya indeks glikemik lebih rendah.

Ilustrasi Gula (foto: The Nation)

Jurnas.com - Gula murni yang terbuat dari tebu adalah jenis pemanis yang paling banyak digunakan. Hampir setiap hari kita mengkonsumsi gula.

Tapi harusnya, kita perlu perhatikan jumlah konsumsinya. Pasalnya, gula sangat cepat diserap tubuh dan meningkatkan kadar glukosa dalam darah.

Untuk menghindari risiko akibat asupan glukosa berlebih, Anda bisa mengganti gula dengan pemanis lain yang punya indeks glikemik lebih rendah. Indeks glikemik adalah skala ukur seberapa cepat karbohidrat yang dikonsumsi meningkatkan glukosa darah.

Jadi, mana pengganti gula yang akan Anda jadikan pilihan?

1.       Madu

Madu adalah alternatif pemanis alami yang mudah ditemukan di mana saja. Madu dihasilkan dari sari bunga yang dikumpulkan lebah yang diekstrak dalam bentuk cairan sebagai bahan pangan koloni lebah. Rasanya yang manis membuat madu sering dijadikan sebagai pengganti gula.

2.       Agave nektar

Produk alternatif pengganti gula yang aman selanjutnya adalah ekstrak agave. Bedanya dengan gula, ekstrak agave memiliki indeks glikemik rendah dan membantu mengurangi sensitivitas insulin sehingga tidak meningkatkan gula darah secara cepat. Hal ini karena mengandung fruktosa yang tinggi yang dapat membantu menetralkan gula darah.

3.       Sirup maple

Sirup mapel adalah pemanis buatan yang bentuknya mirip dengan madu namun diekstrak dari getah pohon mapel. Satu sendok makan sirup mapel murni mengandung 52 kalori dan 13,5 gram karbohidrat. Sekitar 12,4 gram kandungan karbohidrat tersebut merupakan sukrosa.

4.       Stevia

Rasanya 300 kali lebih manis dari gula. Stevia adalah sebuah tanaman yang ditemukan di Amerika Selatan dan biasanya digunakan sebagai suplemen diet. Stevia tidak memiliki kalori ataupun meninggalkan dampak glikemik, sehingga cocok untuk penderita diabetes dan mereka yang ingin menjaga berat badan.

5.       Gula aren

Gula kelapa terbuat dari getah pohon kelapa, karena asal usulnya itu seringkali disebut gula aren. Gula kelapa mengandung nutrisi penting seperti zinc, zat besi, kalsium, dan potasium. Fruktosa gula kelapa juga jauh lebih sedikit dari gula pasir putih. Fruktosa yang rendah akan meminimalisir timbunan lemak dalam tubuh.

TAGS : Pemanis Rasa Pengganti Gula




TERPOPULER :