Rabu, 16/10/2019 12:09 WIB

Peristiwa Sejarah 07 Juli

Pada 7 Juli 1976, Akademi Militer AS di West Point di New York mendaftarkan kadet-kadet wanita untuk pertama kalinya dalam sejarah lembaga yang saat itu berusia 174 tahun.

Pada 7 Juli 1976, Akademi Militer AS di West Point di New York mendaftarkan kadet-kadet wanita untuk pertama kalinya dalam sejarah lembaga yang saat itu berusia 174 tahun.

Jurnas.com - Tanggal 07 Juli yang jatuh pada hari ke-188 (hari ke-189 dalam tahun kabisat) dalam kalender Gregorian menyimpan banyak peristiwa sejarah, di antaranya:

1607 - Ekspedisi Belanda dipimpin Koopman Gillis Michaelszoon tiba di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Indonesia.

1683 - Sultan Sibori dari Ternate menandatangani perjanjian yang intinya menjadikan Kesultanan Ternate sebagai kerajaan vasal Belanda.

1892 - Organisasi rahasia Katipunan dibentuk di Manila dengan tujuan memperoleh kemerdekaan Filipina dari Spanyol melalui revolusi.

1898 - Amerika Serikat menganeksasi Hawai`i.

1937 - Invasi tentara Jepang ke Beijing pada Insiden Jembatan Marco Polo menandai dimulainya Perang Tiongkok-Jepang Kedua.

1994 - Aden ditempati tentara Yaman Utara sehingga menyelesaikan penyatuan kembali negara Yaman.

2005 - Teroris menyerang sistem transit London, memicu ledakan di tiga mobil kereta bawah tanah dan bus bertingkat dalam serangan jam sibuk terkoordinasi. Lima puluh dua orang terbunuh dan lebih dari 700 lainnya terluka.

2007 - Pembukaan Piala Asia AFC 2007.

2010 - Pengadilan Paris menjatuhkan hukuman tujuh tahun penjara kepada mantan penguasa Panama Manuel Noriega. Dia dihukum karena menyalurkan sekitar $ 3 juta uang narkoba Kolombia ke rekening bank Prancis.

2012 - Rep. AS Barney Frank dari Massachusetts menikahi pasangan lamanya , Jim Ready, dalam sebuah upacara yang diresmikan oleh Gubernur Deval Patrick. Dia adalah anggota pertama Kongres yang secara terbuka tampil sebagai gay dan pertama menikah dengan pasangan sesama jenis saat di kantor.

2012 - Regina Ivanova memenangi Indonesian Idol (musim ketujuh).

2013 - Andy Murray menjadi pemain Inggris pertama dalam 77 tahun yang memenangkan gelar tunggal putra di Wimbledon, mengalahkan petenis Serbia Novak Djokovic dalam dua set langsung dalam pertandingan kejuaraan.

2016 - Seorang pria bersenjata menembaki sebuah demonstrasi Black Lives Matter yang damai di Dallas, menewaskan empat petugas polisi dan satu petugas transit, dan melukai tujuh lainnya. Polisi membunuh orang-orang bersenjata, yang bersembunyi di garasi parkir, menggunakan robot yang diikat dengan bahan peledak.

2017 - Tesla Motors dari Elon Musk memproduksi kendaraan pasar massal pertamanya , Model 3.

TAGS : Peristiwa Sejarah Bulan Juli




TERPOPULER :