Rabu, 15/07/2020 18:19 WIB

Peristiwa Sejarah 27 Juni

Pada 27 Juni 1995, pesawat ulang-alik Atlantis diluncurkan dari Cape Canaveral, Florida, dalam misi bersejarah untuk berlabuh dengan stasiun ruang angkasa Rusia Mir. Docking terjadi dua hari kemudian.

Pada 27 Juni 1995, pesawat ulang-alik Atlantis diluncurkan dari Cape Canaveral, Florida, dalam misi bersejarah untuk berlabuh dengan stasiun ruang angkasa Rusia Mir. Docking terjadi dua hari kemudian.

Jurnas.com - Tanggal 27 Juni yang jatuh pada hari ke-178 (hari ke-179 dalam tahun kabisat) dalam kalender Gregorian menyimpan banyak peristiwa sejarah, di antaranya:

1358 - Republik Venesia Menyerahkan Republik Ragusa berdasarkan Traktat Zara.

1596 - Ekspedisi Cornelis de Houtman sampai di Banten. Penerimaan penduduk awalnya bersahabat, tetapi setelah beberapa tabiat kasar yang ditunjukkan awak kapal Belanda, Sultan Banten, bersama dengan petugas Portugis di Banten, mengusir kapal Belanda tersebut.

1829 - Ilmuwan Inggris James Smithson meninggalkan surat wasiat yang pada akhirnya mendanai pendirian Smithsonian Institution di Washington - di negara yang tidak pernah ia kunjungi.

1871 - Yen ditetapkan menjadi mata uang Jepang.

1947 - Jenderal Soedirman diangkat Presiden Soekarno sebagai Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Yogyakarta.

1979 - Mahkamah Agung AS memutuskan bahwa pengusaha swasta dapat memberikan preferensi khusus kepada orang kulit hitam untuk menghilangkan "ketidakseimbangan rasial yang nyata" dalam pekerjaan tradisional yang hanya kulit putih.

1994 - Penyair W.S. Rendra dan beberapa aktivis ditahan ketika berdemonstrasi di dekat Departemen Penerangan di Jakarta, mereka memprotes pembredelan "Tempo", "DeTik" dan "Editor".

1996 - Pesawat luar angkasa Galileo berhasil melewati Ganymede, satelit terbesar planet Jupiter, juga mengambil gambar dan mengungkap struktur detail permukaannya.

2003 - Komisi Perdagangan Federal AS membuka pendaftaran nasional yang telah lama ditunggu-tunggu untuk orang-orang yang ingin memblokir panggilan telemarketing yang tidak diinginkan .

2005 - Dennis Rader, yang disebut sebagai "BTK" (mengikat, menyiksa, membunuh) pembunuh, mengaku bersalah atas 10 pembunuhan di daerah Wichita, Kan., Dia dijatuhi hukuman penjara seumur hidup.

2007 - Tony Blair secara resmi mengundurkan diri setelah satu dekade sebagai perdana menteri Inggris, mengajukan pengunduran dirinya kepada Ratu Elizabeth II. Blair digantikan oleh Gordon Brown dan menjadi utusan Inggris ke Timur Tengah.

TAGS : Peristiwa Sejarah Bulan Juni




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :