Selasa, 20/08/2019 03:19 WIB

Ibu Hamil Bolehkah Konsumsi Makanan Mentah?

Banyak ibu hamil yang khawatir apa yang dikonsumsi akan memengaruhi tumbuh kembang anak di dalam kandungan.

Ibu hamil sebaiknya selektif memilih makanan mentah (Foto: Pop Sugar)

Jakarta, Jurnas.com - Meskipun saat ini sudah banyak informasi kehamilan yang bisa didapatkan dengan mudah, hal ini tidak selalu membantu.

Justru dengan semakin banyaknya informasi seputar kehamilan dan pengasuhan anak, lengkap dengan berbagai teorinya, tak jarang membuat calon orang tua dan orang tua baru bingung mana yang harus diterapkan.

Dr. Ardiansyah Dara, Sp.OG., M.Kes., mengatkan banyak informasi yang selama ini membuat galau para perempuan seputar kehamilan mereka.

"Tidak hanya tentang pengetahuan dasar kehamilan seperti kebutuhan nutrisi dan tumbuh kembang janin, namun banyaknya mitos seputar kehamilan pun sering menjadi sumber kegalauan para calon ibu," ujar Dr Dara.

Hal yang paling banyak ditanyakan oleh calon ibu seputar aa yang boleh dimakan dan apa yang ga boleh dimakan, apa yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan. Semua takut apa yang dikonsumsi akan mempengaruhi tumbuh kembang anak di kandungan.

"Masalahnya kadang-kadang yg kita baca di internet, bertolak belakang ketika tanya ke dokter kandungan. Misalnya sushi boleh kah dimakan saat hamil? Tidak apa-apa, paparan ke hewan seafood lebih kecil," ucapnya.

Prinsipnya tidak boleh makan mentah karena yang ditakutkan ada parasit toksoplasma yang sering orang bilang tokso. Parasit toksoplasma awalnya parasit yang hidup di saluran cerna kucing, dia keluar lewat kotoran kucing taruhlah di rumput, rumputnya masuk ke badan sapi karena di makan.

"Atau berada di bulu kucing, kalau kita pelihara kucing tau-tau kucingnya poop, parasitnya keluar tapi nempel di bulunya kan terbang terbang tuh, bulunya lepas masuk ke saluran napas kita masuk ke napas kita," jelas dr Dara.

Jadi sebenernya yang harus hati-hati dengan makanan mentah, karena makanan mentah yang mungkin terpapar sama yang dari kotoran kucing itu yang harus diperhatikan, umumnya makanan di daratm

"Ada juga yang seafood seperti sashimi, sushi, salmon, mungkin ada si memang toksoplasma di laut tapi kecil, sehingga boleh, sedangkan kalau kita lihat salmon bagusnya proteinnya tinggi, bagus untuk orang hamil," ucapnya lagi

Jadi memang yang harus diwaspadai itu mentahnya darimana, kaya kita makanan karedok itu kan dari sayuran mentah, itu kita harus hati-hati, gado-gado nggak karena gado-gado direbus.

Nah, yang kayak gitu orang makan lalapan juga hati-hati termasuk makan pecel lele, pecel ayam kadang-kadang ada paparan virusnya walaupun tidak semua itu ada virus toksonya kan kita tetap jaga-jaga.

TAGS : Makanan Mentah Ibu Hamil




TERPOPULER :