Jum'at, 19/07/2019 08:51 WIB

Yuk Mengenal Diet Nutrigenomik, Seperti Apa ya

Setiap individu memiliki kebutuhan nutrisi dan kebutuhan atau jenis olahraga yang berbeda.

Siska Darmayanti menjelaskan tren diet nutrigenomik (Foto: Ecka Pramita)

Jakarta, Jurnas.com - Setiap orang memiliki gen yang berbeda-beda, setidaknya satu dengan yang lain memiliki perbedaan gen sebesar 0,1 persen.

Dalam nutrigenomik, makanan yang masuk ke dalam tubuh dianggap sebagai sinyal yang dapat mempengaruhi aktivitas gen pada tubuh. Selain itu, makanan juga diketahui bisa mengubah struktur gen sehingga dapat menimbulkan berbagai gangguan pada tubuh jika gen berubah.

Jumlah kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan setiap orang berbeda berdasarkan kondisi tubuh masing-masing, namun yang utama adalah berdasarkan gen dalam tubuh. Gen berpengaruh pada sifat, fisik, kesehatan dan respon tubuh terhada berbagai macam nutrisi.

Product Specialist Prodia Siska Darmayanti M.Farm mengatakan, setiap individu memiliki kebutuhan nutrisi dan kebutuhan atau jenis olahraga yang berbeda.

"Nutrisi dan latihan fisik dengan porsi yang sama, belum tentu memberikan efek yang sama bagi setiap orang. Kebutuhan tersebut bersifat spesifik untuk satu individu. Bahkan, anak kembar pun bisa memiliki kebutuhan nutrisi, jenis, dan jumlah olahraga, hingga risiko penyakit yang berbeda pula," ucapnya dalam talkshow Nutrigenomik di Jakarta, Selasa (25/6).

Terdapat 5 prinsip yang melandasi diet nutrigenomik, yaitu:

1. Zat makanan berpengaruh pada gen manusia, walaupun pengaruhnya terjadi langsung maupun tak langsung.

2. Pada kondisi tertentu, diet atau zat makanan yang dimakan adalah faktor risiko penyebab timbulnya suatu penyakit.

3. Zat gizi yang terdapat pada makanan mempunyai pengaruh besar untuk membuat tubuh sehat atau pun sakit, hal ini tergantung dengan susunan genetik masing-masing individu.

4. Beberapa gen dalam tubuh, yang jumlah serta strukturnya diatur dan dipengaruhi oleh diet, dapat mempengaruhi tingkat keparahan suatu penyakit kronis.

5. Konsumsi makanan yang didasarkan dari kebutuhan masing-masing individu, ternyata dapat digunakan untuk mencegah, mengatasi, serta menyembuhkan berbagai penyakit kronis.

TAGS : Diet Nutrigenomik Kebutuhan Nutrisi




TERPOPULER :