Jum'at, 18/10/2019 19:20 WIB

Asean Ajukan Lamaran Tuan Rumah Piala Dunia 2034

Seluruh negara Asia Tenggara (Asean) akan bersama-sama mengajukan tawaran sebagai tuan rumah Piala Dunia 2034 ke FIFA.

ASEAN

Bangkok, Jurnas.com - Seluruh negara Asia Tenggara (Asean) akan bersama-sama mengajukan tawaran sebagai tuan rumah Piala Dunia 2034 ke FIFA.

Demikian disampaikan oleh Perdana Menteri Thailand, Prayuth Chan-ocha, pada Minggu (23/6) usai pertemuan para pemimpin kawasan di Bangkok, Thailand.

"Para pemimpin (kepala negara, Red) mendukung Asean sebagai tua rumah Piala Dunia FIFA pada 2034, jika memungkinkan," kata Prayuth di KTT Asean.

"Saya ingin mengundang orang-orang Asean untuk mendukung asosiasi sepakbola di negara mereka, untuk mewujudkan impian ini," lanjut dia.

Gagasan Asean sebagai tuan rumah Piala Dunia pertama kali diperdebatkan pada awal dekade ini. Para advokat mengatakan langkah itu dapat membantu meningkatkan profil dan integrasi kawasan tersebut.

Namun, para ahli mengatakan masih banyak yang harus dilakukan untuk memperbaiki rincian tentang bagaimana sepuluh negara Asean harus membangun satu tim regional yang terdiri dari pemain terbaik dari wilayah tersebut.

"Menjadi tuan rumah Piala Dunia akan meningkatkan posisi global ASEAN, dan untuk pertama kalinya sebuah blok antar pemerintah regional akan menjadi tuan rumah acara olahraga yang memiliki signifikansi seperti itu," ujar Fuadi Pitsuwan, seorang sarjana kebijakan publik di Universitas Chiang Mai dilansir dari Reuters.

Asean juga akan bersaing ketat dengan China yang diprediksi lebih memungkinkan menjadi tuan rumah Piala Dunia berikutnya di Asia, setelah Qatar.

"Ada sesuatu yang dapat diraih dari proses penawaran itu sendiri, jadi memenangkan penawaran adalah yang kedua, intinya adalah menawar dan menggalang regionalisme Asean untuk menciptakan rasa kebersamaan," katanya.

"Persaingan persahabatan dengan Cina di bidang ini sangat bagus untuk persatuan, jauh lebih baik daripada ketegangan politik dan sosial," tandas dia.

TAGS : Tuan Rumah Piala Dunia Asean FIFA




TERPOPULER :