Senin, 23/09/2019 20:07 WIB

IOC Cabut Larangan Penyelenggaraan Olimpiade di India

Larangan itu diberlakukan pada Februari setelah India memblokir visa untuk dua penembak Pakistan yang ingin berkompetisi dalam acara api cepat 25 meter di Piala Dunia di New Delhi

Presiden Komite Olimpiade Internasional Thomas Bach dari Jerman mencabut larangan INdia menjadi tuan rumah acara Olimpiade. Foto oleh Jean-Christophe Bott / EPA-EFE

Jakarta, Jurnas.com - Komite Olimpiade Internasional (IOC) mencabut larangan yang membuat India tidak mengajukan penawaran untuk acara Olimpiade, setelah pemerintahnya berjanji untuk memberikan visa kepada semua atlet yang bersaing di kompetisi semacam itu.

Dilansir UPI, larangan itu diberlakukan pada Februari setelah India memblokir visa untuk dua penembak Pakistan yang ingin berkompetisi dalam acara api cepat 25 meter di Piala Dunia di New Delhi.

Namun India menyangkal visa mereka setelah serangan teroris Pulwama yang menewaskan 40 personil militer. Kejadian serupa terjadi tahun lalu ketika petinju dari Kosovo ditolak visa untuk kejuaraan wanita dunia.

Pada saat itu, IOC mengatakan praktik diskriminatif India terhadap atlet dunia bertentangan dengan semangat pertandingan Olimpiade dan menghalangi negara tersebut dari penyelenggaraan acara Olimpiade.

Minggu ini, India memberikan jaminan tertulis kepada IOC bahwa itu akan memungkinkan masuknya semua atlet yang memenuhi syarat.

"Dengan surat ini, prinsip non-diskriminasi atlet dan tim yang berpartisipasi dalam setiap acara olahraga internasional masa depan di India akan sepenuhnya dihormati, sehingga semua atlet yang memenuhi syarat dan delegasi olahraga akan diizinkan untuk memasuki negara itu," kata James MacLeod, direktur Solidaritas Olimpiade dan Hubungan NOC.

Pengumuman itu datang hanya beberapa hari sebelum IOC ditetapkan untuk mengumumkan tuan rumah Olimpiade Musim Dingin 2026.

Badan pengurus akan memilih Senin antara tawaran bersama dari Milan-Cortina d`Ampezzo, Italia, dan Stockholm-Are, Swedia. Stockholm menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin tahun 1912 dan Cortina pada tahun 1956.

TAGS : Lembaga IOC Olimpiade India




TERPOPULER :