Selasa, 20/08/2019 03:40 WIB

Magis Juni, Tokoh dan Sejarah Bangsa Lahir Bulan Juni

Juni sangat penting bagi bangsa Indonesia. Soekarno lahir pada 6 Juni 1901. 

Ahmad Basarah

Jakarta, Jurnas.com - Bulan Juni merupakan saat penting, dimana banyak tokoh Bangsa lahir di bulan tersebut. Juga banyak sejarah bangsa tercatat di bulan Juni.

Ketua PA GMNI Ahmad Basarah mengatakan, Juni sangat penting bagi bangsa Indonesia, bukan hanya bagi Soekarnoeis karena Soekarno lahir pada 6 Juni 1901. Begitupun wafatnya Soekarno pada 49 tahun lalu. 

1 Juni adalah tanggal pidato Bung Karno di hadapan BPUPK yang menjadikan Pancasila sebagai dasar negara. Sayangnya, peristiwa 1 Juni baru diperingati sejak 3 tahun lalu setelah Presiden Jokowi mengeluarkan keputusannya. 

Pada 3 Juni 1947, Presiden Soekarno menetapkan pergantian nama Badan Keamanan Rakyat (BKR) menjadi Tentara Nasional Indonesia (TNI). 

"Lalu pada 22 Juni 1945, adalah saat Bung Karno menyelesaikan naskah Mukadimah yang kerap disebut sebagai Piagam Jakarta," ujar Basarah dalam perayaan Haul Wafat Bung Karno ke-49 di Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (21/6).

Selain itu, Basarah mengatakan pada bulan Juni lahirlah 4 dari 7 presiden RI. Yakni Soekarno pada 6 Juni, Soeharto 8 Juni, Habibie pada 25 Juni, dan Jokowi pada 21 Juni.

"Saya atas nama DPP PA GMNI mengucapkan selamat ulang tahun kepada Pak Jokowi. Semoga panjang umur, diberi kesehatan lahir dan batin, dan kesempatan membangun Indonesia agar lebih baik," kata Basarah.

"Bersyukurlah yang lahir pada bulan ini. Acara ini sekaligus mendoakan Bung Karno, semoga kiranya Bung Karno mendapat tempat terbaik di sisi Allah SWT dan bangsa Indonesia bisa melanjutkan cita-cita perjuangannya," tukas Basarah yang juga Wakil Ketua MPR RI itu.

TAGS : Magis Juni tokoh bangsa PA GMNI Ahmad Basarah




TERPOPULER :