Senin, 09/12/2019 22:06 WIB

Pelabuhan Tanjung Perak Terapkan Gate In Online dan e-Ticketing

Semua proses penumpang masuk pelabuhan dan ke kapal sudah online, seperti sistem di stasiun dan bandara.

Proses di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya mulai menggunakan sistem seperti di Kereta Api dan Bandar Udara.

 

Surabaya, Jurnas.com – Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya resmi menerapkan E-Ticketing dan Gate In Online Kapal Penumpang dan Ro-Ro. Keduanya resmi diluncurkan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Laut R. Agus H. Purnomo di Hotel Sheraton Surabaya, hari ini (20/6/2019).

Sebelumnya, telah dilaksanakan uji coba peningkatan dan transformasi layanan kapal penumpang dan Ro-Ro yang dimulai pada akhir Maret 2019. Hasilnya, tiga operator kapal yakni PT. Pelni, PT. Dharma Lautan Utama, dan PT. Berlian Lautan Sejahtera telah menerapkan tiket online melalui aplikasi mobile dan website serta terintegrasi dengan gate in di terminal.

Sedangkan PT. Atosim Lampung Pelayaran, PT. Indonesia Ferry ASDP dan PT. Jembatan Nusantara sudah menerapkan penjualan tiket penumpang dan barang melalui proses intranet perusahaan masing-masing dengan output tiket dalam bentuk digital dan terintegrasi dengan Gate In terminal.

Selanjutnya, data keenam operator pelayaran tersebut telah diintegrasikan oleh PT. Pelindo III untuk penerapan gate in online.

Dirjen Agus mengatakan, dengan diterapkannya e-ticketing dan gate in online diharapkan penumpang akan mendapatkan kemudahan-kemudahan.

"Ke depan masyarakat bisa lebih mudah merencanakan perjalanannya karena bisa memesan tiket dengan mudah dengan harga yang relatif murah," ujar Dirjen Agus.

 

Sementara itu, menurut Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak Hernadi Tri Cahyanto, ada mandat dari pimpinan untuk membuat semua proses penumpang masuk pelabuhan dan ke kapal sudah online, seperti sistem di stasiun dan bandara.

"Launching e-ticketing dan gate in online kapal penumpang dan Ro-Ro ini menjadi titik awal transformasi pelayanan yang selama ini dilakukan secara manual menjadi pelayanan online" ucap Hernadi.

 

 

TAGS : Pelabuhan Tanjung Perak e-Ticketing gate in online




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :