Selasa, 15/10/2019 14:38 WIB

Waspada Penyakit Degeneratif, Ini Penyebabnya

Penyakit degeneratif bisa menyerang siapa saja karena kurangnya pengetahuan serta kesadaran mempraktikkan gaya hidup sehat.

Penyakit degeneratif bisa menyerang siapa saja(Foto: Netizen Pos)

Jakarta, Jurnas.com - Penyakit degeneratif bermula dari dari gaya hidup yang tidak sehat karena sering terjebak dalam rutinitas sehingga lupa menjaga kesehatan.

Gaya hidup yang buruk tersebut, seperti kurang beristirahat, minum air kurang dari 2 liter sehari, mengonsumsi makanan cepat saji, kurang berolahraga, merokok, dan mengonsumsi minuman alkohol secara berlebihan.

Akibatnya, penyakit-penyakit degenegeratif pun mengintai, seperti hipertensi, diabetes melitus, penyakit jantung koroner, dan stroke semakin meningkat.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam dan Konsultan Alergi lmunologi RS Premier, dr. Prasna Pramitha, SpPD, K-AI,FINASIM, MARS mengatakan penyakit degeneratif jangan diabaikan karena dapat berkembang menjadi penyakit kritis jika gaya hidup tidak segera diperbaiki.

"Misalnya, kurang istirahat dapat menyebabkan darah tinggi. lni bisa menjadi pencetus terjadinya stroke dan penyumbatan kemudian penyumbatan itu juga berpotensi menyebabkan terjadinya kelumpuhan, ” ujar dr. Prasna di acara Sequis Q Infinite MedCare Rider di Jakarta, Selasa (18/6).

Makanan biasanya menjadi pemicu yang sering bagi penyakit degeneratif. ”Misalnya saja di tempat kerja, biasanya kita lebih memilih jajan sehingga yang dikonsumsi pastinya makanan yang tidak sehat, seperti gorengan. Padahal alangkah Iebih baik bila menyiapkan sendiri bekal dari rumah seperti sandwich, buah dan jika ingin kudapan kecil pilihlah yang bernutrisi atau rendah kalori," ujarnya.

Namun demikian, gaya hidup sehat tidak hanya soal makanan bergizi tetapi juga pola hidup, seperti cukup tidur, rutin berolahraga minimal 30 menit sehari, dan mampu mengelola stres," tambahnya.

Selain soal gaya hidup dan pola makan, dr. Prasna menyarankan agar masyarakat menjaga kebersihan lingkungan kerja dan tempat tinggal.

Katanya, sekalipun sudah didukung dengan pola makan yang bernutrisi dan rutin berolahraga tetapi bila lingkungan tidak bersih akan tetap berpotensi menurunnya sistem pertahanan tubuh dan akan mudah terserang penyakit.

TAGS : Penyakit Degeneratif Gaya Hidup




TERPOPULER :