Jum'at, 10/07/2020 07:42 WIB

Lepas Bantuan Korban Banjir Sulsel, Amran Kenang Rumahnya Dilahap Api

Kementan juga masih mengajak mitranya menambah itu menjadi Rp10 miliar.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman melepas bantuan korban banjir Sulawesi Selatan di Balai Litbang Pertanian Balisereal, Maros, Sabtu (15/6).

Maros, Jurnas.com - Kementerian Pertanian (Kementan) menyerahkan bantuan kemanusiaan senilai Rp7 miliar untuk korban banjir di tujuh Kabupeten di Sulawesi Selatan. Pelepasan bantuan itu dilakukan di Balai Litbang Pertanian Balisereal, Maros, Sabtu (15/6).

Bantuan yang berasal dari APBN dan mitra dan pegawai Kementan itu, berupa alat mesin pertanian (alsintan), pupuk, benih dan sembako. Kementan juga masih mengajak mitranya menambah itu menjadi Rp10 miliar.

Menteri Pertanian (Mantan) Andi Amran Sulaiman mengaku merasakan penderitaan masyarakat yang terkena bencana, sebab beberapa tahun silam juga pernah mengalami musibah saat rumahnya dilahap si jago merah.

"Kami juga pernah merasakan bencana, waktu kecil rumah kami terbakar. Saat itu, kami bersyukur meski hanya menerima sebungkus mie. Jadi penderitaan rakyat yang terdampak banjir bisa kami rasakan," ujar Amran.

Kementan bersama mitranya ikut berperan aktif dalam upaya penanggulangan bencana beberapa bulan terakhir, seperti di Lombok, Palu maupun di Sulawesi Selatan. Amran menghitung selama periode itu sudah terkumpul sekitar Rp70 miliar.

"Kami sangat berterima kasih karena penguasa mitra pertanian peduli dengan masyarakat yang terkena musibah. Insyaallah, banjir Sulawesi Selatan kami beresin, khususnya di sektor pertanian," ujar Amran.

Bencana alam banjir yang melanda sejumlah kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan berdampak pada areal pertanian padi, jagung dan kedelai.

Luas pertanaman padi yang terendam banjir di tujuh Kabupaten, yaitu Soppeng seluas 2.532 hektare, Wajo seluas 6.656 hektare, Sidrap seluas 4.269 hektare, Pinrang seluas 600 hektare, Enrekang seluas 205 hektare, Bone seluas 33 hektare dan Luwu seluas 121,30 hektare.

Total Luas tanaman jagung yang terdampak bencana alam banjir sebesar 2.003,60 hektare meliputi, Soppeng 1.421,60 hektare dan Wajo 582 hektare. Untuk tanaman kedelai yang terdampak bencana banjir seluas dua hektare di Soppeng.

TAGS : Banjir Sulawesi Selatan Bantuan Pertanian Andi Amran Sulaiman




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :