Selasa, 24/09/2019 15:42 WIB

Paus Terima Pengunduran Diri Uskup Kontroversial Chile

Irarrazabal mengeluarkan pernyataan kontroversi, di mana dia menyebut bahwa tidak ada perempuan di Perjamuan Terakhir Yesus dan Murid-muridnya.

Paus Fransiskus mengucapkan duka untuk korban Tsunami di Banten. (Foto: Reuters/Max Rossi)

Santiago, Jurnas.com - Paus Fransiskus menerima pengunduran uskup ibu kota Chile, Carlos Eugenio Irarrazabal, hanya 24 jam setelah dia ditunjuk untuk mengisi jabatan tersebut.

Dilansir dari Associated Press, pada Sabtu (15/6), Irarrazabal mengeluarkan pernyataan kontroversi, di mana dia menyebut bahwa tidak ada perempuan di Perjamuan Terakhir Yesus dan Murid-muridnya.

"Mungkin perempuan suka berada di ruang belakang," kata Irarrazabal, yang kalimatnya dianggap melecehkan perempuan.

Keuskupan Agung Santiago mengatakan dalam sebuah pernyataan, bahwa keputusan Paus datang setelah berbicara dengan Irarrazabal.

Irrazabal sendiri tergabung dengan lebih dari 30 uskup Chile, yang mengajukan pengunduran diri pada 2018 silam, setelah muncul instruksi dari Paus untuk membongkar budaya pelecehan di gereja Chile.

"Saya menegaskan kembali permintaan maaf kepada mereka yang telah dipengaruhi oleh komentar saya," ujar Irarrazabal pada Jumat (14/6) malam.

Kendati sudah tidak lagi menjadi uskup ibu kota Chile, Irarrazabal akan tetap bertanggung jawab atas sebuah paroki di Santiago, di mana dia menggantikan Fernando Karadima pada 2011, yang tersangkut kasus pedofilia.

TAGS : Paus Fransiskus Uskup Kontroversi




TERPOPULER :