Senin, 21/10/2019 04:38 WIB

Manfaat Makan dengan Tangan Dalam Kitab Kuno India

Menurut teks-teks Ayurvedic, setiap jari merupakan perpanjangan dari salah satu dari lima elemen

Ilustrasi makan dengan tangan (foto: Google)

Jurnas.com - Makan makanan dengan tangan tidak hanya menyehatkan tubuh Anda tetapi juga pikiran dan jiwa. Kebanyakan orang India masih percaya pada konsep ini, terutama di selatan di mana orang masih lebih suka makan dengan tangan.

Dikutip Indiatimes, menurut teks-teks Ayurvedic, setiap jari merupakan perpanjangan dari salah satu dari lima elemen. Ibu jari adalah ruang. Anak-anak di usia ketika mereka tidak dapat mengunyah cenderung untuk menghisap jempol mereka, ini adalah cara alami untuk membantu pencernaan.

Sementara itu, jari depan adalah udara, jari manis adalah tanah, jari tengah adalah api dan jari kelingking adalah air. Ketidakseimbangan salah satu dari unsur-unsur ini sebenarnya dapat menyebabkan banyak penyakit atau gangguan dalam tubuh.

Ketika kita makan dengan tangan, kita biasanya menyatukan jari-jari dan ibu jari kita untuk makan, oleh karena itu ketika kita menggunakan kelima jari untuk memakan makanan, saat itulah kita meletakkan kelima elemen yang memberi energi pada makanan dan membantu menjaga keseimbangan prana kita.

Jika Anda menderita pencernaan yang buruk, cobalah makan dengan tangan karena ujung jari adalah salah satu sensasi terkuat dan sering digunakan dalam tubuh. Saat kita menyentuh makanan dengan tangan, otak memberi sinyal pada perut bahwa kita akan makan. Ini pada gilirannya, mempersiapkan perut untuk mencerna makanan yang akan diterimanya, membantu pencernaan yang lebih baik.

Sebuah studi baru-baru ini yang diterbitkan dalam jurnal Clinical Nutrition menemukan bahwa orang dengan diabetes tipe 2 lebih cenderung menjadi pemakan yang terburu-buru dan menggunakan alat makan untuk makan, dibandingkan dengan orang tanpa kondisi.

Jika Anda curiga bahwa Anda mungkin makan terlalu cepat, tinggalkan peralatan dan fokuskan pada metode makan Anda. Anda harus memperlambatnya dan melihat bagaimana perasaan Anda setelah makan dengan tangan.

Anda akan kagum dengan seberapa cepat Anda akan kenyang dengan lebih sedikit makanan jika Anda makan dengan tangan Anda. Tetapi pastikan kuku Anda terpotong dan tangan cukup bersih untuk makan makanan, jika tidak, Anda mungkin akan mengalami infeksi. 

TAGS : Makan dengan Tangan Kitab Ayurvedic




TERPOPULER :