Rabu, 24/04/2024 14:34 WIB

Cuaca dan Gelombang Laut Sangat Pengaruhi Keselamatan Pelayaran

Ditjen Perhubungan Laut setiap pekan mengeluarkan Maklumat Pelayaran kondisi cuaca dan gelombang laut.

Ilustrasi kapal digulung gelombang

Jakarta, Jurnas.com – Banyak faktor yang memengaruhi kelancaran dan keselamatan pelayaran. Salah satunya, faktor alam atau kondisi cuaca, termasuk gelombang laut. Untuk itu Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan setiap pekan mengeluarkan Maklumat Pelayaran berdasarkan hasil pemantauan Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG).

Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Ahmad menyebutkan, berdasarkan Maklumat Pelayaran Nomor 11/PHBL/2019 diperkirakan tanggal 10 - 16 Juni 2019, cuaca ekstrim dengan tinggi gelombang 4 – 6 meter akan terjadi di Laut Andaman Bagian Barat, Perairan Selatan Pulau Jawa, Perairan Selatan Bali, Samudera Hindia Barat Mentawai hingga Selatan Bali.

Sedangkan tinggi gelombang 2,5 – 4 meter diperkirakan akan terjadi di Laut Andaman Bagian Timur, Perairan Aceh, Perairan Barat Sumeuleu, Perairan Barat Nias dan Sibolga, Perairan Barat Kepulauan Mentawai, Perairan Bengkulu, Perairan Pulau Enggano, Perairan Barat Lampung, Selat Sunda, Perairan Selatan Lombok, Perairan Selatan Sumbawa, dan Perairan Pulau Sumba.

"Kami menghimbau kepada para nakhoda dan kapal-kapal yang berlayar di perairan Indonesia agar meningkatkan kewaspadaan dan tidak memaksakan melaut jika terjadi cuaca buruk dan gelombang tinggi karena sangat membahayakan aktifitas pelayaran,” kata Ahmad.

Selain itu, pihaknya juga menginstruksikan kepada para Syahbandar agar menunda pemberian Surat Perstujuan Berlayar (SPB) apabila kondisi cuaca membahayakan, sampai kondisi cuaca di sepanjang perairan yang akan dilayari benar-benar aman.

Upaya-upaya tersebut dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya musibah di laut yang diakibatkan oleh faktor cuaca. Karena menurut Ahmad, fungsi utama dari informasi cuaca bagi pelayaran adalah memberi petunjuk pemilihan jalan agar kapal dapat berlayar dengan aman, nyaman dan juga selamat sampai tujuan dengan tepat waktu.

“Tanpa informasi tersebut, akan ada banyak kendala dan ketidaknyamanan dalam berlayar dan sangat berpotensi menyebabkan kecelakaan akibat dari kurangnya informasi cuaca dan tinggi gelombang,” pungkasnya.

 

KEYWORD :

Perhubungan Laut cuaca gelombang BMKG




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :