Rabu, 26/06/2019 15:07 WIB

Kematian Akibat Narkoba di AS Capai Level Tertinggi

Sebuah studi yang dilakukan oleh Commonwealth Fund menemukan, orang Amerika yang mati karena narkoba, alkohol dan bunuh diri telah mencapai rekor tertinggi

Ilustrasi minuman beralkohol (foto: UPI)

Jakarta, Jurnas.com - Sebuah studi yang dilakukan oleh Commonwealth Fund menemukan, orang Amerika yang mati karena narkoba, alkohol dan bunuh diri telah mencapai rekor tertinggi

Dilansir UPI, sebuah kelompok advokasi kesehatan itu merinci peningkatan overdosis dan bunuh diri dalam "scorecard" yang menggunakan data dari 2017. Overdosis obat paling lazim di Virginia Barat dan Ohio, mencapai 58 dan 46 kematian per 100.000 penduduk.

"Ketika kita melihat apa yang terjadi di negara-negara bagian Atlantik tengah, Virginia Barat, Ohio, Pennsylvania, mereka adalah negara-negara yang memiliki tingkat kematian akibat overdosis narkoba tertinggi di negara itu," ujar David Radley, seorang ilmuwan senior untuk Persemakmuran Dana.

"Tingkat pertumbuhan dalam kematian akibat overdosis narkoba di Virginia Barat benar-benar membingungkan," tambahnya.

Virginia Barat juga melihat pertumbuhan paling tinggi dalam kematian akibat overdosis. Pada 2005, tercatat kurang dari 11 kematian per 100.000. Pennsylvania dan Delaware juga terdaftar sebagai negara dengan tingkat pertumbuhan tinggi dan tinggi untuk kematian overdosis.

"Secara nasional, tingkat kematian akibat bunuh diri, alkohol, dan overdosis obat masing-masing meningkat tajam dalam dekade terakhir," kata laporan itu. "Baru-baru ini, pertumbuhan tajam dalam kematian akibat overdosis narkoba paling mengkhawatirkan."

Penelitian menunjukkan angka kematian akibat overdosis narkoba lebih dari dua kali lipat di Amerika Serikat antara 2005 dan 2017, dan meningkat pesat dari 2016 hingga 2017.

"Itu di antara kenaikan tahunan tertinggi yang pernah dilihat bangsa," kata laporan itu. "Peningkatan tajam dalam bunuh diri dan kematian yang terkait dengan alkohol juga memprihatinkan dan merupakan penanda lain dari masalah sosial ekonomi dan perilaku yang kompleks."

Laporan itu mengatakan tingkat bunuh diri AS naik hampir 30 persen sejak 2005 sementara kematian terkait alkohol terus meningkat sekitar 4 persen untuk sebagian besar dekade ini.

Commonwealth Fund menyusun laporan dari data di 50 negara bagian dan Washington, DC, dan memantau hampir 50 faktor yang berdampak pada kesehatan, seperti asuransi kesehatan, akses ke dokter, risiko obesitas dan gaya hidup. Ini menetapkan skor masing-masing negara berdasarkan faktor-faktor ini.

Hawaii, Massachusetts, Minnesota, Washington, Connecticut dan Vermont diberi skor terbaik secara keseluruhan. Tetapi penelitian menunjukkan keadaan bervariasi di antara tiga jenis kematian. Dua belas negara bagian yang berbeda dinilai buruk karena bunuh diri dan kematian terkait alkohol, sementara 13 negara melihat tingkat kematian terkait narkoba yang tinggi.

TAGS : Pemakai Narkoba Amerika Serikat




TERPOPULER :