Jum'at, 26/04/2024 08:21 WIB

KM Sanus 56 Kandas, KN Yefyus Bantu Evakuasi Penumpang

Upaya evakuasi kapal perintis KM Sabuk Nusantara 56 masih belum berhasil hingga Selasa (11/6/2019).

Kapal Negara Kenavigasian milik Distrik Navigasi Kelas I Sorong, turut serta proses evakuasi penumpang KM Sabuk Nusantara 56 yang kandas di perairan Raja Ampat, Papua Barat.

Sorong, Jurnas.com – Menyusul musibah kandasnya kapal perintis KM Sabuk Nusantara (Sanus) 56 di sekitar Perairan Raja Ampat (Pulau Ayau) Papua Barat pada 7 Juni 2019, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan mengerahkan Kapal Negara Kenavigasian KN Yefyus milik Distrik Navigasi Kelas I Sorong untuk diperbantukan mengevakuasi penumpang yang tidak terangkut di Pulau Ayau, Pulau Fani, dan Distrik Kabare, Papua Barat.

Kepala Distrik Navigasi Kelas I Sorong Marasabessy Haekal Dachlan mengatakan, setelah dilakukan koordinasi, kapal Navigasi KN Yefyus beserta tim dari Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Sorong dan Disnav Kelas I Sorong berangkat ke lokasi pada 10 Juni 2019 pukul 22.00 WIT untuk mengangkut penumpang yang telah menunggu dengan hasil kebun yang akan dijual di Sorong.

“Setelah menempuh perjalanan sekitar 9 jam dari Sorong, kapal berlabuh di Pulau Ayau dan tidak bisa sandar sehingga para penumpang harus menggunakan perahu longboat sebagai rede untuk naik ke atas kapal,” jelas Haekal.

Setelah selesai, lanjut Haekal, kapal menuju Pulau Fani dengan proses embarkasi yang sama menggunakan perahu longboat. Adapun Pulau Fani merupakan pulau terluar di Papua Barat.

Dari Pulau Fani, KN Yefyus menuju ke Kabare dan sandar di dermaga. Selanjutnya tanggal 11 Juni 2019 pukul 22.30 kapal bertolak ke Sorong dengan membawa total penumpang 233 orang.

“Alhamdulillah Rabu pagi ini (12/6/2019) pukul 08.00 WIT, kapal KN Yefyus telah tiba di Pelabuhan Sorong dengan selamat, Kondisi kapal dalam keadaan baik dan para ABK serta petugas yang ditugaskan dari Disnav Sorong dan KSOP Sorong juga dalam keadaan sehat,” kata Haekal.

Menurut Kepala Adat Kampung Doreker di Pulau Ayau, Boster Umpes, kehadiran KN Yefyus melalui tugas perbantuan ini sangat membantu masyarakat karena mereka telah mempersiapkan sejumlah kecil dari hasil perkebunan seperti pisang, kelapa dan hasil perikanan mereka untuk dijual ke Sorong. Jika tidak ada kapal, maka hasil kebun dan ikan akan sulit untuk dijual.

Mereka sangat berharap jalur perintis ke daerah mereka tidak berhenti karena masyarakat hanya bergantung pada transportasi laut, terutama kapal perintis.

“Untuk itu atas nama warga masyarakat, kami menyampaikan terima kasih atas perhatian dari pemerintah, khususnya Kementerian Perhubungan,” ucap Boster.

Sementara itu, Kepala Kantor KSOP Kelas I Sorong M Takwim Masuku menerangkan bahwa KSOP Sorong telah terlebih dahulu mengirimkan tim survey underwater untuk melakukan penyelaman dan pembersihan karang yang menghalangi serta mengirim tugboat untuk menarik kapal KM Sabuk Nusantara 56 pada Minggu (9/6/2019).

“Tim kami kembali melakukan upaya evakuasi kapal pada Selasa kemarin (11/6/2019) di mana kapal ditarik oleh tugboat TB Mitra Ocean namun belum berhasil sehingga proses evakuasi dihentikan sementara dan menunggu upaya lebih lanjut,” ujar Takwim.

KEYWORD :

KM Sanus 56 KM Sabuk Nusantara KN Yefyus




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :