Minggu, 16/06/2019 22:11 WIB

Ini Nama OS Baru Huawei jika Bercerai dari Android

Huawei akan meluncurkan sistem operasi (operating system/OS)-nya sendiri, jika nantinya resmi bercerai dari Android Google.

Logo perusahaan Huawei

Beijing, Jurnas.com - Huawei akan meluncurkan sistem operasi (operating system/OS)-nya sendiri, jika nantinya resmi bercerai dari Android Google.

Pasalnya, saat ini Google selaku perusahaan pemilik Android sudah mulai melakukan pembatasan terhadap raksasa telekomunikasi asal China tersebut, menyusul langkah Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, memasukkan Huawei ke dalam daftar hitam (blacklist).

Dilansir dari China Global Times pada Senin (10/6), Huawei kabarnya sudah menyiapkan nama yang berbeda untuk OS barunya di pasar internasional, yakni "Oak OS".

Huawei juga akan mulai melakukan pengujian secara intensif OS tersebut di platform seluler, dan kemungkinan diluncurkan pada Agustus atau September.

Sementara CEO Bisnis Konsumen Huawei, Richard Yu sebelumnya berbagi dengan CNBC bahwa OS baru Huawei siap diaplikasikan di ponsel dan tablet di China, pada musim gugur tahun ini.

Sedangkan versi internasional baru bisa diluncurkan oleh Q1 atau Q2 tahun depan. Bahkan, dikatakan perkembangan apapun bisa memaksa Huawei mempercepat rencananya.

Sebelumnya, Synopsys yang merupakan pemasok alat desain chip terbesar di dunia telah menghentikan pembaruan desain chip vital untuk Huawei. Selanjutnya, Facebook tidak mengizinkan aplilkasinya diinstal pada ponsel Huawei.

TAGS : Huawei Amerika Serikat China Sistem Operasi




TERPOPULER :