Sabtu, 20/04/2024 04:27 WIB

Seribuan Pemudik Balik Padati Pelabuhan Gresik

Cuaca tidak begitu baik sehingga hanya ada 3 kapal dapat berlayar mengangkut para pemudik.

Kepala KSOP Gresik, Jawa Timur Toto Mukarto memberikan keterangan terkait arus balik di Pelabuhan Gresik kepada sejumlah wartawan.

Gresik, Jurnas.com - Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan melalui Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Gresik mencatat sebanyak kurang lebih 1.000 orang pemudik arus balik mulai memadati pelabuhan Gresik di angkutan laut Lebaran H+3, Sabtu (8/6/2019). Para penumpang di dominasi dari pulau Bawean menuju Gresik.

Kepala Kantor KSOP Kelas II Gresik, Totok Mukarto mengatakan secara keseluruhan arus mudik dan balik pada tahun ini tergolong lancar tidak ada kendala apapun.

"Sudah mulai terlihat tanda-tanda adanya gelombang pemudik arus balik dan hari ini pemudik arus balik dari Bawean mulai memadati pelabuhan Gresik," ujar Totok.

Totok mengatakan bahwa cuaca tidak begitu baik sehingga hanya ada 3 kapal dapat berlayar mengangkut para pemudik. Sedangkan puncak arus mudik terjadi diprediksi pada Sabtu dan Minggu (8-9/6/2019) sebab pada Senin (10/6/2019) masyarakat mulai beraktifitas seperti biasa.

Sementara itu, Kepala Seksi Lalu Lintas dan Angkutan Laut KSOP Kelas II Gresik, Hotman Siagian menjelaskan bahwa hari ini total sebanyak tiga kapal disiapkan pasca cuaca buruk yang melanda pada Jum`at (7/6/2019) kemarin.

"Kapal Blue Sea Jet bertolak terlebih dahulu pukul 05.00 WIB dengan membawa 311 penumpang dewasa dan 18 balita kemudian disusul kapal Express Bahari pukul 08.00 WIB dan kapal Natuna Express pukul 09.00 WIB.

"Hari ini ketinggian ombak 1,9 meter kalau kemarin cuaca buruk ketinggian ombak 2 meter lebih," ujar Hotman.

Hotman menambahkan bahwa arus balik dari Pulau Bawean menuju Gresik cukup padat, diprediksi 900 pemudik kembali ke Gresik.

Hotman bersyukur bahwa penyelenggaraan angkutan laut lebaran di Pelabuhan Gresik berjalan aman, selamat, tertib dan nyaman.

"Posko angkutan laut lebaran pelabuhan gresik akan terus memantau dan memonitor pergerakan penumpang hingga nanti berakhirnya posko pada tanggal 21 Juni 2019. Semoga mudik bareng, asyik lancar sebagaimana slogan mudik tahun 2019 ini berjalan lancar," tutup Hotman.

KEYWORD :

Pelabuhan Gresik arus balik




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :