Jum'at, 19/07/2019 07:26 WIB

Mencicipi Empat Kuliner Lombok, Anda Suka yang Mana?

Anda dan keluarga sedang mudik ke Lombok? Sudah mencicipi makanan apa saja di daerah yang dikenal dengan kain tenunnya ini.
 

Ayam taliwang salah satu kuliner kesohor di Lombok (Foto: Brobali)

Jurnas.com - Sebagai tempat wisata halal terbaik, tentu jika Anda sedang mudik ke Lombok disarankan untuk tidak boleh dilewatkan wisata kuliner halal di Lombok.

Berikut 4 kuliner khas Lombok yang harus Anda coba jika Anda sedang mudik ke Lombok:

1. Ayam Taliwang

Menu Ayam Taliwang menggunakan ayam kampung yang berumur tidak terlalu tua sekitar tiga sampai empat bulan, karena ayam akan terasa lebih manis tanpa tambahan pemanis dan rasanya lebih empuk.

Ayam Taliwang dapat disajikan dengan cara digoreng atau dibakar dengan kayu nangka atau kayu kopi. Kayu jenis ini memberikan aroma lebih enak dan nyala api yang lebih lama. Jika menggunakan kompor gas atau arang, aroma yang dihasilkan akan berbeda.

Ayam Taliwang ini juga sudah sangat terkenal di nusantara. Lebih lezatnya lagi ayam taliwang ini disajikan bersama plecing kangkung. Kangkung Lombok berbeda dengan kangkung biasa, memiliki batang dan ranting panjang besar, dengan daun yang lebih hijau dan lebar.

2. Ayam Rarang

Kuliner Lombok lainnya dengan bahan ayam, yakni Ayam Rarang dengan olahan bumbu khas Lombok Timur, mungkin belum banyak diketahui orang, namun lezatnya tidak kalah dengan ayam taliwang.

3. Sate Rembiga

NTB dijuluki bumi sejuta sapi, maka banyak makanan dengan bahan olahan daging sapi, seperti yang paling terkenal, yakni Sate Rembiga. Sate ini disajikan mirip dengan sate Maranggi namun tentunya dengan citarasa berbeda.

Sate tanpa bumbu kacang ini memiliki citarasa yang khas, dinamakan “Rembiga” karena berasal dari nama sebuah desa Rembiga yang berada di dekat bekas Bandara Selaparang. Sate yang berbahan utama sapi ini rasanya sangat lezat, perpaduan antara gurih, manis, dan pedas.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat sate Rembiga ini sangatlah sederhana dan mudah untuk dicari yaitu cabe rawit, terasi, bawang putih, garam, gula, dan tentu saja daging sapi.

Daging sate khas Rembiga ini dipotong kecil-kecil. Sebelum dimasak, dagingnya direndam dengan bumbu hingga tiga jam supaya meresap. Dengan komposisi yang pas dan kombinasi rasa yang seimbang, akan menghasilkan rasa sate yang enak walaupun racikan bumbunya sangat sederhana.

4. Sate Bulayak

Selain Sate Rembiga, ada juga Sate Bulayak yang berbahan daging sapi disajikan bersama lontong berbahan beras ketan. Lezat! Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan kelezatan Sate Bulayak.

Bulayak adalah sejenis lontong yang dibungkus dengan daun aren atau daun enau dengan bentuk memanjang seperti spiral, sehingga untuk membukanya harus dengan gerakan memutar. Hampir sama dengan lontong, bedanya masakan Jawa itu dibungkus dengan daun pisang. Hampir mirip juga dengan ketupat, tetapi Bulayak lebih lembut dan gurih dibanding ketupat maupun lontong.

Bulayak disajikan dengan sate atau jeroan yang dilumuri bumbu khas Sasak ditambah kucuran air jeruk nipis dan sambal. Bumbunya terbuat dari kacang tanah yang disangrai dan ditumbuk, lalu direbus dengan santan dalam jumlah dominan. Menikmati sate ini dengan cara dicocol pada bumbu sate yang sudah disediakan.

TAGS : Kuliner Lombok Mudik Lebaran




TERPOPULER :